Santai

Mencengangkan! Ini 4 Tanda Tubuh Kekurangan Protein! Cari Tahu Yuk!

Mencengangkan! Ini 4 Tanda Tubuh Kekurangan Protein! Cari Tahu Yuk!

MOMSMONEY.ID - Bagi orang-orang yang sedang dalam proses diet dan rutin melakukan olahraga, protein merupakan salah satu kandungan penting yang harus dikonsumsi.

Jumlah protein yang dibutuhkan oleh tiap-tiap orang tentu akan berbeda. Namun setidaknya konsumsi 10% protein dari total kalori harian.

Ada beberapa tanda yang bisa dilihat jika seseorang mengalami kekurangan protein. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

Baca Juga: Ingin Mulai Berolahraga? Ini 3 Jenis Olahraga yang Cocok untuk Pemula

Masalah pada kuku, rambut, dan kulit

Ketiga hal yang ada pada tubuh tersebut semuanya terbentuk dari protein. Seperti elastin, kolagen, dan keratin.

Ketika tubuh tidak bisa membuatnya atau jumlah protein dalam tubuh berkurang, maka gangguan pada kuku, rambut, dan kulit bisa terjadi. Beberapa masalahnya adalah rambut bercabang atau kering, kulit menjadi kering, dan kuku mudah patah.

Mudah sakit

Tanda lainnya yang bisa ditunjukan karena kurangnya protein dalam tubuh adalah mudahnya terserang penyakit. Penyakit akan cenderung bertahan dalam jangka waktu lama jika tubuh kekurangan protein.

Melansir dari laman Web MD, amino acid merupakan salah satu jenis protein yang membantu darah dalam membentuk sistem imun untuk membuat anti-bodi. Anti-bodi berguna untuk mengaktifkan sel darah putih yang bertugas melawan bakteri, virus, dan juga racun dalam tubuh.

Baca Juga: Ingin Bentuk Otot? Konsumsi 6 Makanan Alami Penambah Massa Otot Ini Saja!

Berkurangnya otot

Tentu saja otot juga akan berkurang jika tidak ditunjang dengan konsumsi jumlah protein yang cukup. Protein memiliki peran besar untuk membangun dan membentuk otot.

Sehingga protein harus selalu ada pada menu makanan orang-orang yang sedang dalam program diet untuk menambah massa otot. Protein juga tidak hanya banyak ditemukan pada sumber makanan hewani tapi juga nabati, seperti kacang-kacangan.

Rasa lapar meningkat

Tak banyak yang tahu bahwa tingginya nafsu makan juga bisa disebabkan karena tubuh yang kekurangan protein. Rasa lapar yang berlebihan dan keinginan untuk terus makan juga merupakan tanda kurangnya protein dalam tubuh.

Laman Mind Body Green menjelaskan bahwa protein adalah nutrisi yang paling mengenyangkan. Protein juga bisa membantu seseorang untuk merasa kenyang lebih lama. Sehingga makan makanan yang mengandung tinggi protein juga bisa membantu mengontrol nafsu makan, terutama bagi yang sedang menjalani program diet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News