ads

4 Tips Melakukan Decluttering di Kamar Tidur, Coba Yuk!

Reporter: Kania Paramahita
Minggu, 15 Mei 2022 | 16:45 WIB
4 Tips Melakukan Decluttering di Kamar Tidur, Coba Yuk!


MOMSMONEY.ID - Kebersihan dan kerapian merupakan salah satu faktor utama yang menentukan kenyamanan saat beristirahat di dalam kamar tidur.

Namun, adakalanya kamar terlihat kotor dan berantakan akibat barang-barang yang berceceran dan bertumpuk di sana-sini.

Selain mengganggu kenyamanan, kamar yang berantakan bisa mengakibatkan berbagai hal, mulai dari membahayakan keselamatan Anda hingga menghambat sirkulasi udara.

Jadi, supaya kamar tidak mudah terlihat berantakan, Anda perlu merapikannya secara rutin. Anda pun dapat menggunakan teknik decluttering untuk membantu merapikan kamar dengan lebih efektif.

Baca Juga: Belladonna, Tanaman Beracun yang Punya Manfaat Medis untuk Tubuh

Nah, kira-kira bagaimana caranya melakukan decluttering di kamar tidur? Ini dia tipsnya.

Singkirkan barang yang tidak terpakai

Langkah pertama untuk melakukan decluttering di kamar tidur adalah menyingkirkan barang-barang yang sudah tidak terpakai untuk membuat kamar terasa lebih lega.

Melansir Real Homes, hal ini penting karena kita cenderung menyimpan atau menimbun barang-barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan hanya karena alasan sentimental. Pilah-pilah pakaian, dekorasi, dan benda-benda lainnya, lalu singkirkan barang yang sekiranya sudah tidak dibutuhkan lagi.

Manfaatkan ruang kosong di bawah tempat tidur

Jika Anda memiliki tempat tidur dengan ruang kosong di bawahnya, manfaatkan ruang kosong tersebut sebagai tempat penyimpanan.

Gunakan kontainer atau wadah penyimpanan dengan ukuran yang sesuai dengan kolong tempat tidur supaya mudah diletakkan. Dengan menyimpan barang-barang di kolong tempat tidur, Anda dapat menghemat ruang di dalam kamar sehingga tidak terkesan penuh dan berantakan.

Baca Juga: 4 Manfaat Jojoba Oil untuk Rambut, Bikin Kilau Alami

Gunakan furnitur yang multifungsi

Tidak punya ruang yang tersisa untuk menyimpan barang-barang di kamar tidur? The Spruce menyarankan Anda untuk beralih menggunakan furnitur-furnitur yang multifungsi.

Seringkali, furnitur-furnitur ini dilengkapi fitur tambahan untuk menyimpan barang, seperti ranjang dengan laci di bawahnya atau kursi dengan boks penyimpanan di dalamnya. Manfaatkan furnitur tersebut untuk menyimpan barang-barang di kamar sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Para Pekerja, Ini 5 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh di Kantor Usai Lebaran

Gunakan wadah untuk pernak-pernik kecil

Jika Anda punya pernak-pernik kecil seperti aksesoris, kacamata, atau ikat rambut, gunakan wadah penyimpanan yang kecil dan praktis seperti mangkuk, nampan, atau keranjang kecil supaya benda-benda tersebut tidak mudah berceceran.

Supaya lebih rapi, pilah pernak-pernik tersebut berdasarkan kategorinya dan letakkan di wadah terpisah. Letakkan wadah-wadah tersebut di tempat yang mudah terjangkau, misalnya meja nakas atau meja rias.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk decluttering kamar tidur. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru
TERPOPULER