CLOSE [X]
ads

Belladonna, Tanaman Beracun yang Punya Manfaat Medis untuk Tubuh

Sumber: Oxford Plants 400,The Spruce,Medical News Today
Jumat, 13 Mei 2022 | 09:44 WIB
Belladonna, Tanaman Beracun yang Punya Manfaat Medis untuk Tubuh

ILUSTRASI. Belladonna, Tanaman Beracun yang Punya Manfaat di Bidang Medis untuk Tubuh


MOMSMONEY.ID - Ada banyak jenis tanaman yang tersebar di dunia. Di antaranya merupakan tanaman yang bermanfaat untuk tubuh, sehingga dapat dikonsumsi. Sementara lainnya lagi merupakan tanaman beracun.

Mungkin akan sulit membayangkan bila ada tanaman yang berada di dalam kedua kelompok tersebut, yakni tanaman beracun yang berkhasiat. Salah satunya adalah tanaman belladonna.

Mengenal Tanaman Belladonna

Tanaman belladonna, yang memiliki nama ilmiah Atropa belladonna L., merupakan bagian dari tanaman nightshade (Solonaceae) yang mematikan.

Dilansir dari The Spruce, belladonna berasal dari Eurasia dari Inggris melalui Eropa tengah dan selatan, Afrika Utara hingga Iran.

Di Amerika Serikat, belladonna telah ditemukan di beberapa bagian, termasuk New York, Michigan, California, Oregon, dan Washington.

Habitat alaminya berada di padang rumput, hutan, tambang, dan di sepanjang pinggir jalan.

Baca Juga: Sudah Tahu Apa Itu Tanaman Nightshade? Kenali dan Ketahui Efeknya bagi Kesehatan

Tanaman ini dapat tumbuh tinggi sekitar 1,5 meter, memiliki daun hijau kusam, dan bunga yang mekas untuk waktu yang lama, yakni sekitar Juni hingga awal September.

Bunganya memiliki sedikit aroma, berwarna ungu atau kehijauan, berbentuk lonceng, serta terletak di ketiak daunnya.

Belladonna juga menghasilkan buah beri hitam kecil yang khas dan berkilau. Ini biasanya disebut ceri iblis.

Saat matang, buah ini akan cepat kering. Sayangnya, buah yang mirip dengan beri ini tidak boleh dimakan. Apalagi kalau bukan karena beracun?

Buah Ceri Belladonna

Racun yang Terkandung dalam Tanaman Belladonna dan Efeknya Terhadap Tubuh

Menurut Oxford Plants 400, semua bagian tanaman ini sangat beracun bagi manusia karena adanya alkaloid tropane, termasuk hyoscyamine dan hyoscine.

Alkaloid ini juga ditemukan di genus solanaceous lain seperti Hyoscyamus (henbane), Mandragora (mandrake), dan Datura (apel duri).

Biasanya, tanaman yang memproduksi alkaloid tropane memiliki hubungan historis dengan pembunuhan melalui keracunan.

Ini sesuai dengan namanya Atropa yang berasal dari Atropos, dewi Yunani yang merupakan salah satu dari tiga dewi nasib dan takdir, memegang gunting untuk memotong benang kehidupan. Namun, tanaman ini tidak beracun bagi burung dan satwa liar.

Editor: Anggi Miftasha

Terbaru