HOME, Keluarga

4 Tanda Kelembapan Udara Tinggi di Rumah, Bisa Mengganggu Kesehatan

4 Tanda Kelembapan Udara Tinggi di Rumah, Bisa Mengganggu Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Di negara tropis seperti Indonesia, udara yang lembap rasanya sudah menjadi makanan sehari-hari, terutama di dalam rumah.

Walaupun sudah terbiasa dengan udara lembap, Anda tetap harus waspada. Pasalnya, kelembapan udara yang terlalu tinggi bisa menyebabkan beragam ketidaknyamanan, mulai dari udara yang terasa lengket hingga masalah pernapasan.

Jadi, Anda perlu mengetahui apa saja tanda-tanda bila kelembapan udara di rumah cukup tinggi. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Baca Juga: Awas, Ini Tanda-Tanda Kualitas Udara di Rumah Anda Buruk

Udara terasa berat

Jika udara di rumah Anda terasa berat, sumpek, sesak, atau lengket, bisa jadi itu adalah pertanda kelembapan yang tinggi di rumah.

Melansir laman Colman Air, udara yang terasa berat tersebut disebabkan oleh jumlah uap udara yang tinggi. Uap udara tersebut biasanya disebabkan oleh suhu udara yang hangat, karena udara hangat biasanya mengandung lebih banyak kelembapan daripada udara yang sejuk atau dingin.

Jendela berembun

Jendela yang berembun sebenarnya merupakan hal yang biasa, terutama di pagi hari. Mengutip The Spruce, perubahan iklim atau cuaca di luar rumah yang ekstrim juga dapat menyebabkan jendela berembun.

Walaupun hal ini kerap terjadi, Anda tetap perlu waspada jika jendela berembun hampir setiap saat karena hal tersebut dapat menjadi tanda kelembapan udara tinggi di rumah.

Baca Juga: Bahaya, Produk Kebersihan Rumah Ini Tidak Boleh Dicampur!

Bau apek

Bau apek yang tidak sedap biasanya dijumpai di ruangan-ruangan yang gelap dan tertutup, misalnya gudang, lemari, atau garasi.

Bau apek juga bisa menjadi tanda kelembapan udara yang tinggi di rumah. Bau apek dan kelembapan tersebut bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti pakaian basah yang dibiarkan begitu saja, pipa bocor, hingga air hujan yang merembes masuk ke rumah.

Baca Juga: 6 Manfaat Memiliki Air Purifier di Rumah, Salah Satunya Mengurangi Alergi

Jamur dan lumut

Jika rumah Anda lembap dan bau apek, maka kemungkinan besar ada jamur atau lumut di rumah. Jamur atau lumut ini bisa muncul di mana saja, terutama di dinding kamar mandi, dapur, atau area mencuci baju.

Jamur dan lumut tak hanya mengganggu tampilan rumah Anda, tapi juga dapat mengakibatkan gangguan kesehatan. Pasalnya, jamur dan lumut tersebut melepaskan spora ke udara yang dapat mengganggu penapasan jika terhirup.

Itulah beberapa hal yang menandakan kelembapan udara yang tinggi di rumah. Untuk mengatasinya, Anda bisa memaksimalkan sirkulasi udara di rumah atau menggunakan alat bernama dehumidifer.

Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News