HOME, Keluarga

6 Manfaat Memiliki Air Purifier di Rumah, Salah Satunya Mengurangi Alergi

6 Manfaat Memiliki Air Purifier di Rumah, Salah Satunya Mengurangi Alergi

MOMSMONEY.ID - Air purifier menjadi salah satu alat yang banyak dicari masyarakat selama masa pandemi.

Tak heran, sebab alat yang satu ini disebut-sebut dapat membantu membersihkan udara dari virus, bakteri, kuman, dan berbagai partikel merugikan lainnya.

Namun, perlukah kita memiliki air purifier di rumah? Apakah manfaatnya akan sebanding dengan biaya yang sudah dikeluarkan untuk membelinya?

Untuk menjawab keraguan tersebut, berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan memiliki air purifier di rumah. Yuk, simak!

Baca Juga: Rumah Bebas Virus, Ini Tips Membersihkan Rumah Setelah Isoman Covid-19

Mengurangi alergen

Bagi Anda yang mudah alergi terhadap debu dan partikel-partikel kecil lainnya di udara, air purifier bisa membantu Anda mengurangi alergen tersebut.

Dikutip dari Home Air Guides, air purifier umumnya didesain dengan filter yang berfungsi untuk menangkap beragam alergen di udara, sehingga akan meringankan alergi yang diderita.

Mengurangi gejala asma

Tak hanya alergi, debu dan partikel-partikel merugikan lainnya di udara dapat memicu atau memperparah gangguan pernapasan seperti asma.

Mengutip Healthline, air purifier dapat membantu mengurangi debu dan partikel merugikan di udara, sehingga mengurangi gejala asma dan melancarkan pernapasan. Namun, penting untuk dicatat bahwa alat ini tidak dapat menggantikan penggunaan obat-obatan untuk mengatasi asma.

Membunuh virus, bakteri, dan kuman

Selain mengurangi jumlah debu dan alergen lainnya, air purifier juga dapat mengurangi virus dan bakteri di udara.

Beberapa air purifier dilengkapi dengan teknologi ion yang dapat memerangkap dan membunuh virus, bakteri, dan kuman yang beterbangan di udara sehingga jumlahnya akan berkurang. Hal ini tentunya akan sangat bermanfaat di masa pandemi seperti sekarang.

Baca Juga: Mengenal HEPA Filter yang Banyak Digunakan Air Purifier, Apa Fungsinya?

Memerangkap asap

Jika Anda tinggal di wilayah yang rawan terkena asap pembakaran, asap rokok, hingga asap kendaraan, pasti tahu rasanya menghirup udara yang penuh dengan asap. Nah, air purifier bisa membantu mengatasi problem tersebut.

Ada beberapa jenis air purifier yang dilengkapi dengan filter khusus untuk menangkap dan menyaring asap di suatu ruangan. Jadi, jika Anda bermasalah dengan asap di rumah, tak ada salahnya menggunakan alat ini untuk mendapatkan udara yang lebih bersih.

Baca Juga: 5 Tips Mengurangi Polusi Udara di Rumah, Tubuh Makin Sehat!

Menghilangkan bau tidak sedap

Tak hanya asap, bau yang tidak sedap kadang menjadi masalah yang dihadapi pemilik rumah. Jika dibiarkan begitu saja, bau ini tentu akan membuat Anda tidak nyaman.

Mengutip Accuweather, air purifier umumnya dapat membantu menyaring dan menghilangkan bau tidak sedap di suatu ruangan, sehingga udara yang dihirup akan lebih bersih dan segar.

Menangkap bulu halus dan ketombe hewan peliharaan

Salah satu masalah utama yang dihadapi pemilik hewan peliharaan adalah bulu halus dan ketombe yang beterbangan di mana-mana. Jika dibiarkan begitu saja, mereka bisa terhirup dan mengganggu pernapasan Anda.

Walaupun menggunakan vacuum cleaner dapat mengurangi bulu halus dan ketombe, air purifier dapat membantu memerangkap partikel-partikel tersebut dan membersihkan udara. Jadi, Anda tak perlu khawatir dengan kualitas udara di rumah.

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan memiliki air purifier di rumah. Intinya, air purifier dapat membantu Anda mendapatkan udara yang bersih dan terbebas dari beragam partikel merugikan.

Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News