Santai

4 Tanda Anda Punya Kepribadian Terlalu Baik, Nomor 3 Paling Sering Terjadi

4 Tanda Anda Punya Kepribadian Terlalu Baik, Nomor 3 Paling Sering Terjadi

MOMSMONEY.ID - Ada beberapa tanda yang bisa diketahui apakah Anda memiliki kepribadian yang terlalu baik atau tidak.

Memiliki kepribadian yang terlalu baik merupakan sebuah tanda bahwa ada krisis identitas dimana akan membuat diri selalu siap sedia bagi orang lain tanpa memikirkan diri sendiri.

Tidak ada yang salah dengan melakukan banyak kebaikan bagi banyak orang. Namun, menjadi terlalu baik terkadang bisa merugikan bagi diri sendiri.

Lalu apa saja kah tanda bahwa Anda terlalu baik? Simak beberapa tandanya berikut, ya:

Baca Juga: Jangan Asal Pakai, Perhatikan 5 Tips Pilih Pakaian Olahraga yang Tepat Ini

Takut beropini

Orang-orang terlalu baik biasanya juga memiliki tanda berupa ketakutan menyampaikan ide dan opininya kepada orang lain. Sebab, ada ketakutan bahwa ide dan opininya tak lebih baik dari orang lain. 

Ketakutan untuk beropini dan menyampaikan ide ini juga bisa karena ada ketakutan untuk dibenci dan tidak disukai setelah menyampaikannya. Sehingga, orang-orang yang terlalu baik akan cenderung menyimpan ide dan opini untuk dirinya sendiri.

Tak bisa menolak

Memiliki kepribadian yang terlalu baik berarti memiliki keinginan untuk membantu orang lain walaupun tidak diminta. Alhasil, jika muncul keinginan untuk menolak memberi bantuan akan membuat hati tidak tenang.

Melansir dari laman Medium, tak bisa menolak untuk membantu orang lain juga lantaran ada rasa siap sedia yang selalu dimiliki orang orang yang terlalu baik.

Membantu orang lain tentunya merupakan hal yang baik namun perlu diperhatikan kembali hal-hal lain sebelum membantu orang lain.

Baca Juga: Ternyata Bisa Terjadi di Mana Saja, Ini 5 Fakta Menarik tentang Orgasme Perempuan

Sering merasa bersalah

Orang-orang yang terlalu baik biasanya kerap merasa bersalah karena tidak bisa membantu orang lain dan membuat orang tersebut mengalami kesusahan. Perasaan bersalah karena tidak bisa membantu memang normal untuk dirasakan.

Tapi, tak perlu sampai menyalahkan diri karena tidak bisa membantu orang lain. Karena, tentu saja, orang lain akan menemukan cara lain untuk mengatasi masalahnya sendiri tanpa bantuan dari Anda.

Terlalu sering minta maaf

Meminta maaf merupakan hal baik yang juga penting untuk dilakukan ketika berbuat salah. Namun, meminta maaf secara terus menerus walaupun tidak melakukan kesalahan bisa menjadi tanda Anda terlalu baik.

Laman Bustle menjelaskan, permintaan maaf yang diungkapkan terus menerus akan kehilangan maknanya sehingga hanya terdengar seperti formalitas. Maka dari itu, ada baiknya untuk mulai mengucapkan maaf saat dibutuhkan saja atau ketika melakukan kesalahan.

Apakah Anda sering mengalami hal tersebut? Wah, bisa jadi Anda memiliki kepribadian terlalu baik, lo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News