Santai

Jangan Asal Pakai, Perhatikan 5 Tips Pilih Pakaian Olahraga yang Tepat Ini

Jangan Asal Pakai, Perhatikan 5 Tips Pilih Pakaian Olahraga yang Tepat Ini

MOMSMONEY.ID - Sedang cari pakaian yang cocok untuk berolahraga, simak beberapa cara untuk memilih pakaian olahraga yang tepat berikut ini.

Demi kenyamanan saat berolahraga, memilih pakaian dan juga sepatu yang cocok juga harus jadi perhatian khusus.

Walaupun bisa menggunakan segala jenis pakaian, sebaiknya mulai berpikir untuk menggunakan pakaian yang tepat saat berolahraga.

Lalu, bagaimana cara untuk memilih pakaian olahraga yang tepat? Cari tahu beberapa caranya berikut:

Baca Juga: Sepatu Angkat Beban dan Cardio Beda? Ini Cara Memilih Sepatu Olahraga yang Tepat

Perhatikan bahan

Untuk memilih pakaian olahraga, bahan utama yang perlu diperhatikan adalah bahan anti bakteri. Keringat yang bercucuran saat berolahraga tentunya akan menempel pada baju olahraga dan menyatu dengan bakteri-bakteri.

Cobalah memilih pakaian olahraga yang menggunakan bahan anti bakteri. Walaupun sudah dicuci, bakteri masih bisa menempel pada pakaian olahraga yang tidak terbuat dari bahan tersebut.  

Gunakan bra khusus

Bagi wanita, sebaiknya gunakan bra khusus untuk olahraga atau sport bra saat melakukan olahraga. Bra untuk sehari-sehari tidak didesain untuk memiliki performa sempurna untuk menopang payudara saat melakukan olahraga secara aktif.

Menurut laman Wellnessed, sport bra bisa menjaga posisi payudara dari goncangan yang biasa terjadi saat melakukan olahraga aktif. Sehingga, gerakan payudara dapat tetap ditopang dengan baik dan bisa berolahraga dengan lebih nyaman.

Baca Juga: Weight Loss vs Fat Loss, Mana yang Lebih Baik? Kenali Perbedaan Keduanya

Pilih pakaian yang tepat

Setiap olahraga tentunya memerlukan pakaian yang tepat. Hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat dan membuat tidak nyaman.

Jika ingin melakukan olahraga lari atau mendaki, hindari menggunakan pakaian berbahan katun dan celana yang berukuran lebar. Tujuannya, agar terhindar dari risiko kaki terbelit pada celana dan keringat yang menempel di baju.

Untuk yoga dan pilates, pilih pakaian yang mudah melar, bahan yang pas di tubuh, dan menyerap keringat. Serta tentu saja, gunakan pakaian renang untuk melakukan olahraga renang, ya.

Perhatikan cuaca

Tak hanya tentang kenyamanan, cuaca juga harus diperhatikan sebelum menentukan pakaian olahraga yang tepat.

Laman Everyday Health menyarankan, agar menggunakan pakaian olahraga dengan bahan tipis, menyerap keringat, serta memudahkan kulit untuk bernafas.

Sedangkan di cuaca dingin, pertimbangkan menggunakan pakaian berlapis. Pastikan untuk menggunakan bahan berlapis yang memberikan kehangatan pada tubuh dan tetap nyaman melakukan olahraga di luar ruangan.

Jangan lupa gunakan jaket anti air dan angin jika sedang melakukan olahraga di luar ruangan saat cuaca dingin atau musim hujan.

Baca Juga: 4 Manfaat Angkat Beban yang Jarang Diketahui, Lebih Efisien Bakar Kalori

Pilih warna mencolok

Siapa sangka warna mencolok juga perlu dipertimbangkan saat memilih pakaian olahraga. Saat melakukan olahraga di luar ruangan, penting untuk selalu terlihat oleh pengguna jalan atau lintasan olahraga lainnya.

Terutama, jika melakukan olahraga di malam hari. Pilih pakaian yang berwarna cerah atau memiliki aksen warna mencolok, agar tetap terlihat saat berolahraga di malam hari.

Itulah tadi beberapa tips dan cara memilih pakaian olahraga yang tepat. Coba praktekkan,yuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News