Keluarga

4 Manfaat Beres-Beres Ruangan untuk Kesehatan Tubuh dan Mental, Simak Ya!

4 Manfaat Beres-Beres Ruangan untuk Kesehatan Tubuh dan Mental, Simak Ya!

MOMSMONEY.ID - Inilah 4 manfaat beres-beres ruangan untuk kesehatan tubuh dan mental yang wajib Anda tahu.

Sebagian besar orang tentu senang melihat ruangannya tertata rapi dan bersih. Meskipun begitu, tidak semuanya mau merapikan dan membersihkannya secara teratur.

Padahal, kegiatan beres-beres ruangan baik itu rumah, kamar, maupun tempat kerja sangat bermanfaat bagi kesehatan lho.

Lebih jelas, berikut 4 manfaat beres-beres ruangan untuk kesehatan tubuh dan mental sebagaimana dilansir dari laman Dreams.

Baca Juga: 5 Rutinitas Pagi untuk Membantu Tidur Lebih Nyenyak di Malam Hari

1. Mengurangi stres dan kecemasan

Dalam sebuah studi tahun 2010 yang diterbitkan oleh Personality and Social Psychology Bulletin, ditemukan bahwa orang-orang yang memiliki rumah berantakan menunjukkan tingkat hormon stres kortisol yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang memiliki rumah lebih rapi.

Peserta dalam penelitian tersebut diminta untuk melakukan tur keliling rumah mereka selama tiga hari kerja yang terpisah.

Hasilnya, peserta yang memiliki rumah dengan skor lebih tinggi dalam hal kebersihan menunjukkan lebih sedikit depresi daripada rekan mereka yang tidak rapi.

2. Meningkatkan keinginan untuk beraktivitas fisik dan olahraga

Sebuah studi oleh Indiana University yang meneliti hubungan antara aktivitas fisik dan rumah perkotaan mengidentifikasi bagaimana kondisi interior rumah berperan dalam kemauan untuk berolahraga.

Temuan menunjukkan bahwa kondisi tempat tinggal seseorang mendorong aktivitas fisik atau orang-orang cenderung aktif secara fisik tatkala menjaga kebersihan rumahnya.

Baca Juga: Bisa Membakar Kalori, Ini 7 Manfaat Menonton Film Horor untuk Kesehatan

3. Meningkatkan konsentrasi

Dalam sebuah artikel untuk Harvard Business Review, diungkapkan bahwa meja yang tidak rapi cenderung membatasi kemampuan kita untuk berkonsentrasi.

Sementara itu, para ilmuwan di Princeton University Neuroscience Institute menunjukkan bahwa otak kita menyukai keteraturan dan pengingat visual yang terus-menerus akan disorganisasi dapat menguras sumber daya kognitif sekaligus mengurangi kemampuan untuk fokus.

Para ilmuwan tersebut juga menemukan bahwa ketika peserta membereskan kekacauan di lingkungan kerjanya, mereka cenderung lebih mampu untuk fokus dan memproses informasi yang mengarah pada peningkatan produktivitas.

4. Memudahkan tidur

Dalam sebuah survei oleh National Sleep Foundation, diketahui bahwa mereka yang membereskan tempat tidur di pagi hari lebih mudah untuk tertidur di malam hari.

Menurut Psychology Today, orang-orang yang membereskan tempat tidur mereka setiap pagi 19% lebih mungkin untuk melaporkan tidur malam yang nyenyak secara teratur.

Orang-orang tersebut juga melaporkan manfaat dari menggunakan seprai yang bersih. Sebanyak 75% orang mengatakan bahwa mereka mendapatkan istirahat malam yang lebih baik saat menggunakan seprai yang sudah dibersihkan.

Demikian 4 manfaat beres-beres ruangan untuk kesehatan tubuh dan mental. Menarik sekali kan, Moms? Jadi, yuk rajin beres-beres!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News