HOME, Keluarga

4 Inspirasi Kamar Tidur Sempit yang Nyaman Ditempati

4 Inspirasi Kamar Tidur Sempit yang Nyaman Ditempati

MOMSMONEY.ID - Menata kamar tidur yang sempit butuh kecermatan khusus karena keterbatasan luasnya. Jika tidak ditata dengan benar, kamar yang sempit akan terasa makin sumpek dan membuat penghuninya tidak nyaman.

Namun, bukan berarti kamar sempit tidak bisa dibuat nyaman. Ada beberapa trik tertentu yang bisa dilakukan untuk menata kamar tidur sempit supaya Anda betah berlama-lama beristirahat di kamar.

Berikut ada beberapa contoh kamar tidur sempit yang ditata dengan apik, sehingga menghasilkan kesan kamar tidur yang nyaman dan menyenangkan.

Baca Juga: Punya Kamar Sempit? Coba Warna-Warna Ini Supaya Kamar Terasa Lapang

Yuk, coba tengok keempat kamar tidur ini. Siapa tahu, ada ide atau inspirasi yang bisa Anda gunakan.

Warna netral yang aman 

Dalam mendekorasi kamar tidur yang sempit, penggunaan warna terang dan netral selalu direkomendasikan karena dapat memantulkan cahaya dan membuat kamar terlihat lebih besar.

Anda dapat menggunakan warna terang pada dinding atau kasur supaya warnanya mendominasi isi kamar.

Jika Anda tidak menyukai warna putih yang terlalu bersih seperti pada gambar di atas, coba gunakan warna putih dengan campuran warna kuning atau abu-abu, tergantung tone warna yang diinginkan. Atau, coba warna-warna pastel yang lembut untuk tetap mendapatkan efek ruangan yang lebih besar.

Sebagai pemanis, tambahkan aksen dengan warna yang kontras, misalnya seperti tanaman hias berwarna hijau gelap pada gambar. Penampilan kamar sempit pun akan terasa lega dan segar.

Warna cerah dan ceria 

Supaya suasana kamar sempit terlihat ceria, coba gunakan perpaduan warna-warna cerah dan terang seperti pada gambar kamar tidur di atas.

Pemilik kamar menggunakan warna putih sebagai warna dasar pada dinding dan kusen jendela. Lalu, si pemilik menambahkan furnitur dan dekorasi dengan perpaduan warna yang bold dan saling melengkapi, seperti kuning dan biru.

Kombinasi warna yang ceria seperti ini dapat digunakan pada kamar anak Anda, baik laki-laki maupun perempuan.

Baca Juga: Inspirasi Wallpaper Motif Bata yang Bikin Rumah Terlihat Rustic

Warna gelap bukan masalah 

Walaupun warna terang banyak disarankan untuk dinding kamar sempit, bukan berarti Anda harus menghindari warna gelap sepenuhnya. Bila dilakukan dengan benar, kamar sempit dengan warna gelap dapat memunculkan kesan intim dan personal.

Kuncinya, jangan gunakan warna gelap pada seluruh permukaan dinding dan langit-langit kamar. Contoh kamar tidur sempit di atas menggunakan warna gelap pada permukaan dinding, namun tetap menyisakan ruang berwarna putih pada bagian langit-langit.

Sebagai tambahan, gunakan furnitur dan dekorasi dengan warna terang yang kontras supaya suasana kamar tidak terlalu suram. Pastikan juga kamar memiliki pencahayaan yang baik.

Baca Juga: Simak Tips Menggunakan Warna Gelap untuk Dinding Rumah

Maksimalkan ruang yang ada 

Ketika tinggal di kamar yang sempit, seringkali Anda dipaksa memutar otak untuk mengakali masalah luas ruangan yang terbatas. Salah satu masalah yang muncul akibat tinggal di kamar sempit adalah ruang penyimpanan yang minim.

Salah satu solusi penyimpanan barang yang umum digunakan di kamar sempit adalah dengan menggunakan kasur yang memiliki laci penyimpanan di bagian bawahnya. Namun, jika Anda tidak memiliki anggaran untuk membeli kasur dengan model tersebut, Anda bisa tetap memanfaatkan ruang kosong di bawah kasur untuk menyimpan barang dengan kontainer atau wadah tertutup.

Pastikan bagian bawah kasur cukup lapang dan bersih supaya Anda bisa menyimpan barang-barang Anda dengan rapi, ya.

Nah, itulah beberapa contoh penataan kamar tidur yang sempit. Dengan trik-trik tertentu, tinggal di kamar yang sempit bisa sama nyamannya dengan tinggal di kamar luas.

Selamat mencoba!

Selanjutnya: Rekomendasi Toko Online Home Decor Lokal dari Kayu, Klasik Sekaligus Modern

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News