Bugar

4 Buah Ini Bisa Membantu Menurunkan Asam Urat

4 Buah Ini Bisa Membantu Menurunkan Asam Urat

MOMSMONEY.ID - Daftar buah yang dapat membantu menurunkan asam urat sangat beragam. Buah untuk penderita asam urat tentu wajib menjadi perhatian.

Pasalnya, ada jenis buah yang bisa meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Tanpa mempedulikan diet makanan yang tepat, penyakit bisa kambuh serta menyebabkan peradangan dan rasa nyeri hebat di persendian.

Dilansir dari Health Focus, inilah daftar buah yang dapat membantu menurunkan asam urat yang bisa Anda coba, antara lain:

Baca Juga: Sebaiknya Dihindari! Ini 5 Makanan dan Minuman Pantangan Penderita Asam Urat

Buah ceri

Buah ceri mengandung antosianin, pigmen berwarna merah ungu yang bersifat antioksidan dan antiinflamasi.

Adapun kandungan tersebut telah terbukti dapat menurunkan kadar asam urat, meredakan nyeri sendi, serta mengurangi risiko terjadinya serangan asam urat berulang.

Pisang

Pisang juga menjadi pilihan untuk dikonsumsi penderita asam urat. Soalnya, pisang mengandung kalium yang tinggi, yang dapat mencegah pembentukan kristal asam urat di dalam tubuh.

Anda dapat mengonsumsi satu atau dua buah pisang setiap hari untuk membantu menurunkan asam urat.

Lemon

Buah lainnya yang baik untuk dikonsumsi dan diyakini bisa menjadi penurun asam urat adalah lemon, termasuk jus lemon.

Kandungan vitamin C dalam lemon dianggap dapat membantu meredakan nyeri serta mengurangi peradangan akibat asam urat yang tinggi.

Baca Juga: 5 Obat Asam Urat untuk Redakan Nyeri Sendi yang Bisa Dibeli di Apotek

Buah kersen

Buah kersen atau dengan nama lain Jamaican cherry pun disebut dapat menjadi salah satu makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita asam urat. Pemberian buah kersen dalam bentuk jus dapat memengaruhi penurunan kadar asam urat darah.

Bersemangatlah melakukan gaya hidup sehat, olahraga teratur, dan diet makanan bergizi seimbang. Semakin sehat dan banyak bergerak, risiko asam urat bisa berkurang.

Itulah daftar buah yang dapat membantu menurunkan asam urat dan bisa dikonsumsi secara rutin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News