Bugar

5 Obat Asam Urat untuk Redakan Nyeri Sendi yang Bisa Dibeli di Apotek

5 Obat Asam Urat untuk Redakan Nyeri Sendi yang Bisa Dibeli di Apotek

MOMSMONEY.ID - Penyakit asam urat adalah peradangan pada sendi yang terjadi akibat adanya penumpukan asam urat dalam darah. 

Penyakit ini ditandai dengan nyeri sendi berat yang menyerang secara tiba-tiba dan bertahan cukup lama. Selain terasa nyeri, sendi juga bisa mengalami pembengkakan dan terasa kaku.

Ada beragam pilihan obat asam urat yang baik dengan cara alami maupun obat-obatan medis. Jenis obat ini umumnya bekerja dengan dua cara, yaitu meredakan rasa sakit dan mengurangi penumpukan kadar asam urat dalam tubuh.

Dilansir Deutsches Arzteblatt International simak beberapa obat asam urat yang bisa membantu meredakan nyeri sendi di apotek, antara lain: 

Baca Juga: Tidak Perlu Dilakukan Lagi! Inilah Manfaat Temulawak untuk Kesehatan Tubuh

Febuxostat

Febuxostat juga merupakan obat asam urat yang berfungsi untuk mengurangi produksi jumlah asam urat yang dihasilkan tubuh.

Sama seperti allopurinol, konsumsi febuxostat juga dimulai dari dosis rendah terlebih dahulu, yaitu 80 mg setiap harinya. Jika dibutuhkan, dokter akan meningkatkan dosis obat ini.

Antiinflamasi Nonsteroid (NSAID)

Obat asam urat di apotek yang pertama yang perlu dicoba saat merasakan gejala asam urat muncul adalah obat dengan kandungan NSAID. NSAID bisa membantu mempersingkat waktu serangan asam urat.

jika asam urat terasa lebih parah, maka seseorang tersebut membutuhkan NSAID dengan efek lebih kuat seperti indometasin atau celecoxib.

Probenecid

Probenecid juga salah satu jenis obat yang banyak digunakan untuk mengurangi kadar asam urat dalam darah.

Dosis awal probenecid yang diberikan dokter untuk mengobati asam urat adalah 250 mg dan diminum 2 kali sehari. Jika kadar asam urat dalam darah masih tinggi, dosisnya pun akan ditingkatkan.

Baca Juga: Mengatasi Asam Urat dengan Bahan Alami

Colchicine

Obat asam urat di apotek kedua adalah kandungan obat colchicine untuk mengatasi asam urat yang menimbulkan gejala nyeri, yang direkomendasikan oleh dokter.

Fungsinya sama seperti OAINS, yaitu meredakan rasa nyeri akibat penyakit asam urat sekaligus mencegah kekambuhan serangan gejala gout. 

Allopurinol

Allopurinol adalah salah satu obat asam urat yang umum diresepkan untuk mengurangi penumpukan kadar asam urat dalam darah.

Obat ini biasanya akan diresepkan dalam dosis yang rendah, yaitu 100–300 mg setiap harinya. Jika kadar asam urat masih tetap tinggi, dokter mungkin akan meningkatkan dosis obat ini.

Itulah berbagai macam obat asam urat yang perlu Anda ketahui. Meski beberapa obat alami di atas diyakini bisa mengatasi asam urat, tetapi masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitasnya.

Selain itu, jika Anda memiliki asam urat dan ingin menggunakan obat asam urat di atas, baik yang bersifat alami atau medis, sebaiknya konsultasikan lebih dulu ke dokter. Dengan begitu, pengobatan asam urat yang Anda jalani pun bisa lebih efektif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News