HOME, Santai

4 Alasan dan Keuntungan Mengapa Anda Harus Mulai Thrifting

4 Alasan dan Keuntungan Mengapa Anda Harus Mulai Thrifting

MOMSMONEY.ID - Budaya thrifting menjadi budaya yang makin hari makin digandrungi oleh remaja-remaja Indonesia. Thrifting adalah kegiatan berburu atau membeli baju bekas yang masih layak pakai.

Thrifting menjadi sangat terkenal karena adanya pengaruh influencer yang juga ikut melakukan kegiatan ini. Dulunya budaya membeli baju bekas bukanlah budaya yang digunakan oleh pemuda Indonesia.

Namun ternyata budaya tersebut dapat memberikan banyak keuntungan bagi diri sendiri dan kehidupan sekitar. Apa saja sih alasan dan keuntungan dari thrifting ini? Intip yuk.

Baca Juga: Rekomendasi 4 Film yang Sarat Akan Pesan Moral

Mengurangi limbah

Limbah pakaian ternyata juga menyumbang limbah terbanyak di planet Bumi. Baik itu limbah dari pabrik maupun dari pakaian yang dibeli. Dengan membeli baju bekas yang masih layak pakai, Anda dapat membantu untuk mengurangi jumlah limbah di Bumi.

Jika sudah bosan dengan pakaian tersebut, Anda juga masih dapat memberikan pakaian tersebut sebagai donasi. Dengan begitu maka limbah kain, pewarna pakaian, dan baju-baju dapat dikurangi.

Aman bagi dompet

Tentu saja berbelanja pakaian bekas akan lebih murah daripada harus membeli pakaian baru. Jika beruntung Anda juga akan mendapatkan barang kualitas tinggi dengan harga yang murah. Dompet Anda pun tentunya juga akan lebih aman.

Selain itu, barang-barang bekas yang dijual di toko baju bekas atau thrift store biasanya memiliki kualitas yang baik. Karena sudah melalui proses sortir dari toko tersebut. Sisanya hanya tinggal Anda saja yang harus meneliti kembali barang tersebut.

Baca Juga: Suka Fesyen? Yuk Intip Channel Youtube Ini Untuk Dapatkan Inspirasi

Berdonasi

Penyedia, thrift store atau toko-toko yang menyediakan barang bekas ini juga biasanya sering melakukan kegiatan amal. Hasil dari pakaian atau barang bekas yang terjual akan di donasikan kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan.

Biasanya komunitas-komunitas kecil menjadi sasaran untuk diberikan donasi tersebut. Selain mendapatkan pakaian baru tentunya Anda juga dapat berbuat baik dengan berdonasi ke sesama.

Menemukan barang-barang unik

Thrifting memberikan pengalaman tersendiri karena usaha yang dilakukan untuk memperoleh baju yang bagus. Biasanya barang-barang unik atau pakaian vintage juga sangat mudah ditemukan saat melakukan kegiatan thrifting ini.

Selain unik tentunya pakaian yang Anda pakai tidak mungkin memiliki kembaran. Jadi tidak perlu takut untuk menggunakan pakaian yang Anda gunakan kapan pun. Anda tentunya juga dapat berkreasi dengan membuat tampilan baru dari pakaian dan barang Anda tersebut. 

Selanjutnya: Jangan diremehkan, ini 8 tanda serangan jantung ringan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News