HOME, Keluarga

3 Tips Mengatasi Obesitas pada Kelinci Peliharaan

3 Tips Mengatasi Obesitas pada Kelinci Peliharaan

MOMSMONEY.ID - Kelebihan berat badan atau obesitas adalah masalah yang memengaruhi kesehatan pada kelinci. Tubuh kelinci yang mengalami obesitas tidak dapat berfungsi secara normal karena persentasi lemak tinggi di tubuhnya, menyebabkan komplikasi jangka panjang dan memengaruhi kualitas hidupnya.

Oleh karena itu, obesitas perlu diatasi dan mendapat perawatan yang tepat untuk mengatasinya. Dilansir dari Supreme Pet Foods, berikut beberapa tips mengatasi obesitas pada kelinci peliharaan.

1. Jangan kebanyakan memberi makan pelet dan suguhan manis

Kebanyakan orang berpendapat bahwa makanan utama kelinci adalah pelet dan sesekali memakan sayuran atau buah-buahan segar. Namun, ini bukanlah makanan yang benar-benar baik untuk kelinci. Oleh karena itu, porsi pelet atau nugget mereka harus diukur dengan hati-hati mengikuti petunjuk pemberian makan di kemasan.

Sebagai aturan umum, Anda harus memberi makan 35 gram pelet per kilo berat badan kelinci per hari. Ini dibagi menjadi dua porsi dengan ukuran yang sama untuk diberikan saat pagi dan sore hari. Selain itu, pilihlah pelet atau nugget yang tinggi serat kasar.

Baca Juga: Kenali Kondisi Obesitas pada Kelinci Peliharaan Anda

Sementara itu, buah seharusnya hanya menjadi cemilan yang paling sedikit diberikan. Ini karena sayuran atau buah seperti wortel, apel, dan jagung memiliki kandungan gula yang tinggi untuk kelinci dan sering terlalu menggemukan.

2. Beri kelinci banyak jerami

Kelinci membutuhkan makanan sehat yang terdiri dari 85% jerami/rumput, 10% sayur hijau segar, dan 5% pelet, serta ditambah akses ke pasokan air bersih setiap saat.

Dengan menjadikan jerami sebagai makanan utamanya, ini akan menjaga sistem pencernaan kelinci bergerak dengan baik, mendorong mereka untuk mengunyah lebih baik, dan membantu menjaga gigi mereka dalam kondisi baik.

Timothy hay adalah Jerami yang sangat ideal untuk kelinci. Ini kaya akan serat dan protein. Selain itu, segenggam rumput segar yang dipetik, geranium liar, kayu yang aman seperti hazel, willow, hawthorn, semuanya bagus untuk gigi dan sistem pencernaan kelinci.

3. Biarkan kelinci berolahraga di halaman luas

Memberikan kebebasan untuk kelinci agar bergerak lebih banyak akan sangat membantu mengatasi obesitas. Ini karena kelinci adalah hewan yang mudah obesitas. Tubuhnya kerdil, kaki pendek, dan sering dibiarkan lama di dalam kandang, sehingga mereka jarang sekali bergerak.

Baca Juga: Ini Risiko Masalah Kesehatan pada Anjing Karena Nutrisi yang Buruk

Biarkan kelinci Anda berlarian dan berkeliaran untuk beberapa saat di luar kandangnya atau Anda dapat menggunakan kandang yang lebih luas. Aktivitas di luar kandang tidak hanya mengatasi berat badan berlebih dan membuang kelebihan energinya, tetapi juga membuat pikiran kelinci terstimulas dengan baik.

Sebagai tambahan, Anda dapat mencoba menyembunyikan makanan mereka di beberapa mainan pengayaan atau disela-sela rerumputan. Ini juga akan membantu mereka tetap terhibur dan bahagia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News