Keluarga

3 Mitos Tentang Kucing Hitam, Benarkah Menjadi Pertanda Kesialan?

3 Mitos Tentang Kucing Hitam, Benarkah Menjadi Pertanda Kesialan?

MOMSMONEY.ID - Kucing dengan bulu berwarna hitam termasuk umum dijumpai di mana-mana. Bahkan, tidak sedikit orang yang memiliki kucing hitam sebagai hewan peliharaan.

Namun, sebelum populer sebagai hewan peliharaan, kucing hitam kerap dikaitkan dengan berbagai mitos, takhayul, dan kepercayaan tertentu selama berabad-abad.

Mitos dan kepercayaan mengenai kucing hitam pun beragam. Ada yang menganggap kucing hitam sebagai pertanda buruk, tapi ada pula kebudayaan yang menganggap kucing hitam sebagai pertanda baik.

Ingin tahu apa saja mitos-mitos seputar kucing hitam? Dirangkum dari The Spruce Pets, Four Paws, dan Rover.com, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Aktif dan Setia, Simak Fakta Seputar Kucing American Shorthair!

Jelmaan penyihir hitam

Pada masa Abad Pertengahan di Eropa dan Amerika, kucing hitam kerap dikaitkan dengan praktik ilmu hitam hingga penyihir.

Kucing hitam yang berkeliaran pada waktu malam di masa-masa tersebut dianggap sebagai jelmaan penyihir hitam yang sedang menyamar, peliharaan penyihir yang dilepas, hingga iblis berbentuk hewan yang dikirim penyihir untuk memata-matai manusia.

Karena mitos tersebut, saat ini banyak cerita fantasi yang menggunakan kucing hitam sebagai simbol ilmu sihir. Kucing hitam juga populer saat perayaan Halloween di Amerika.

Pertanda kesialan

Tak hanya dikaitkan dengan ilmu sihir, kucing hitam banyak dianggap sebagai pertanda kesialan. Bahkan, beberapa kebudayaan kuno percaya bahwa kucing hitam merupakan pertanda datangnya kematian.

Misalnya, pada abad ke-16 di Italia, orang yang sedang sakit dianggap akan cepat mati jika didatangi oleh kucing hitam.

Sementara itu, di Amerika Utara, kucing hitam yang perpapasan atau melewati Anda kerap dianggap sebagai pertanda kesialan yang akan datang. Ada pula yang percaya bahwa kucing hitam yang muncul saat acara pemakaman menandakan akan ada seorang lagi yang meninggal.

Untungnya, semua anggapan tersebut hanyalah mitos sehingga tak perlu dipercaya.

Baca Juga: Simak, Ini 4 Manfaat Memelihara Kucing Bagi Anak-Anak!

Pertanda keberuntungan

Kucing hitam tidak selalu dianggap sebagai pertanda kesialan. Di beberapa negara, kucing hitam justru dianggap sebagai pertanda datangnya keberuntungan, lo.

Misalnya, dalam kebudayaan Mesir Kuno, kucing hitam dianggap sebagai tanda kemuliaan karena mirip dengan Dewi Bastet, yaitu dewi kesuburan dan perlindungan dari penyakit.

Berikut beberapa contoh lainnya:

  • Di Eropa, para pelaut dipercaya akan aman di perjalanan jika membawa kucing hitam di kapal.
  • Di Skotlandia, kucing hitam yang muncul di depan pintu rumah menandakan kemakmuran yang akan datang.
  • Di Prancis, kucing hitam dipercaya sebagai pertanda sesuatu yang ajaib akan terjadi.
  • Di Jepang, Anda dipercaya akan mudah mendapatkan jodoh jika menemukan kucing hitam.

Itulah beberapa mitos mengenai kucing hitam. Ingat, karena hal-hal tersebut hanya mitos, sebaiknya Anda tidak perlu percaya. Kucing hitam sama saja seperti kucing lainnya yang menggemaskan dan butuh kasih sayang dari manusia.

Semoga penjelasan di atas bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News