Keluarga

Simak, Ini 4 Manfaat Memelihara Kucing Bagi Anak-Anak!

Simak, Ini 4 Manfaat Memelihara Kucing Bagi Anak-Anak!

MOMSMONEY.ID - Kucing termasuk salah satu hewan yang populer dipilih anak-anak untuk dijadikan hewan peliharaan di rumah.

Selain relatif mudah dirawat, kucing juga memiliki tampilan yang menggemaskan dan bisa diajak bermain, sehingga bisa menghibur anak-anak di rumah.

Namun, keuntungan memelihara kucing bagi anak-anak tidak hanya terletak dari sisi hiburannya saja. Pasalnya, ada beragam manfaat yang bisa diperoleh jika anak-anak terbiasa memelihara kucing sejak belia.

Apa saja keuntungan dan manfaat yang dimaksud? Dilansir dari American Humane, Animal Wised, dan Purina, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Bisa Jadi Teman Main, Ini Ras Kucing yang Cocok untuk Anak-Anak

Mengajarkan tanggung jawab

Salah satu manfaat utama dari memelihara kucing adalah mengajarkan rasa tanggung jawab pada anak-anak, terutama tanggung jawab dalam mengurus makhluk hidup lainnya.

Rasa tanggung jawab tersebut bisa muncul lewat berbagai kegiatan, mulai dari memberi makan kucing, memeriksakan si kucing ke dokter, menyisir dan memandikan kucing, hingga membersihkan kotorannya. Mereka pun akan paham bahwa hidup si kucing kurang lebih akan bergantung pada pemiliknya.

Mengajarkan rasa empati

Selain mengajarkan rasa tanggung jawab, memelihara kucing juga dapat mengajarkan dan menumbuhkan rasa empati pada anak-anak.

Dengan berinteraksi dengan kucing, mereka akan belajar menyayangi dan bersikap lembut dengan makhluk hidup. Jadi, mereka nantinya tidak akan mudah menyakiti hewan atau makhluk lain.

Baca Juga: 4 Tips Membawa Kucing di Pet Carrier, Terhindar Dari Stres!

Melatih keterampilan sosial

Karena termasuk makhluk hidup yang aktif dan banyak bergerak, berinteraksi dengan kucing dapat membantu melatih keterampilan sosial si anak. Mereka akan belajar memahami perilaku kucing yang beragam, sehingga membantu mereka memahami perilaku orang lain pula.

Bahkan, bukan tidak mungkin anak Anda dan si kucing akan bersahabat erat, lo. Hal ini akan membantu mereka merasa nyaman dan tenang karena memiliki teman di rumah.

Meningkatkan kesehatan anak

Dari segi kesehatan, ternyata ada beragam manfaat yang bisa didapatkan si anak jika terbiasa memelihara kucing. Berikut beberapa di antaranya:

  • Membantu memulihkan trauma dan mengontrol emosi
  • Memperkuat sistem imun sehingga tidak mudah alergi
  • Membantu menenangkan saraf dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular
  • Media terapi untuk anak dengan autisme, sehingga lebih tenang dan mudah berkomunikasi

Itulah beberapa manfaat memelihara kucing untuk anak-anak. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News