HOME, Keluarga

Yuk, Simak Tips Memilih Meja Belajar Anak untuk School From Home

Yuk, Simak Tips Memilih Meja Belajar Anak untuk School From Home

MOMSMONEY.ID - Saat kegiatan school from home alias belajar dari rumah, meja belajar menjadi salah satu kebutuhan utama anak. Meja belajar yang baik dapat menunjang proses pembelajaran anak supaya mereka nyaman dalam belajar dan mengerjakan tugas.

Namun, memilih meja belajar untuk anak tidak boleh sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih meja belajar supaya Anda tidak salah pilih dan meja belajar dapat mendukung proses pembelajaran anak secara maksimal.

Dilansir dari foter.com dan livingspaces.com, berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam memilih meja belajar anak untuk mendukung kegiatan school from home.

Baca Juga: Memilih Furnitur untuk Kamar Anak, Berikut Tipsnya

Pahami kebutuhan anak

Hal pertama yang mesti Anda pertimbangkan adalah kebutuhan anak. Jika anak Anda tidak membutuhkan fitur tertentu, Anda bisa memilih meja belajar standar dengan laci dan permukaan meja yang rata.

Jika anak Anda memiliki hobi atau kebiasaan tertentu seperti menggambar atau menggunakan PC desktop, pertimbangkan untuk membeli meja dengan fitur tertentu yang dapat mengakomodasi kebutuhan tersebut, seperti kemiringan meja yang dapat diatur atau meja luas yang dapat menampung perangkat komputer di atasnya.

Bila memungkinkan, ajak anak untuk terlibat dalam proses pemilihan meja belajar untuk memahami lebih jauh kebutuhan dan keinginan mereka. Pastikan model meja belajar yang dipilih berfungsi baik untuk menunjang proses pembelajaran dan kegiatan sehari-hari anak.

Sesuaikan besar meja dengan luas ruangan

Idealnya, meja belajar yang luas akan memberi kenyamanan pada anak karena mereka akan memiliki area yang lapang untuk belajar.

Tetapi, perhatikan juga besar ruangan yang akan ditempati oleh meja belajar anak. Meja belajar dengan permukaan yang luas berarti akan memakan tempat, jadi pastikan meja belajar tidak akan membuat ruangan terasa sempit dan masih ada cukup ruang untuk pergerakan anak.

Selain itu, pertimbangkan juga letak penempatan meja untuk menentukan meja seperti apa yang sesuai. Apakah Anda akan meletakkan meja belajar di dekat jendela, atau di dekat sumber listrik? Pikirkanlah baik-baik untuk menentukan besaran meja yang sesuai.

Baca Juga: Memilih Kursi Kerja yang Baik untuk WFH, Apa Saja Kriterianya?

Pastikan meja belajar aman digunakan

Terakhir, Anda perlu mempertimbangkan keamanan anak saat menggunakan meja belajar. Pertimbangan keamanan ini dapat dilakukan melalui beberapa hal, seperti:

  • Desain meja belajar yang tidak berpotensi melukai anak (misalnya ujung meja yang runcing atau pegangan laci yang tajam)
  • Bahan penyusun meja belajar yang kokoh dan tidak mudah rusak, misalnya kayu
  • Bahan pelapis meja belajar yang aman dan tidak berpotensi meracuni anak apabila tidak sengaja tertelan

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam memilih meja belajar anak untuk menunjang kegiatan school from home. Seperti yang sudah disebutkan di atas, pemilihan meja belajar anak yang tepat dapat menciptakan kenyamanan dalam proses belajar.

Selamat memilih!

Selanjutnya: Cara Cek Tagihan Listrik PLN, Mudah dan Cepat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News