HOME, Keluarga

Memilih Kursi Kerja yang Baik untuk WFH, Apa Saja Kriterianya?

Memilih Kursi Kerja yang Baik untuk WFH, Apa Saja Kriterianya?

MOMSMONEY.ID - Kursi kerja yang didesain dengan baik bisa meningkatkan kenyamanan dan produktivitas saat WFH. Kursi kerja memiliki beberapa keunggulan dibanding kursi biasa, seperti bantalan yang empuk, bisa diputar, dan masih banyak lagi.

Jika Anda ingin beralih ke kursi kerja yang lebih serius untuk menunjang produktivitas selama WFH, ada beberapa hal yang bisa diperhatikan sebelum memilih dan membeli kursi kerja yang sesuai.

Dilansir dari The Spruce dan Physiomed UK, berikut beberapa kriteria kursi kerja yang baik untuk menunjang kegiatan WFH atau bekerja dari rumah.

Baca Juga: Simak Tip Membeli AC Agar Tak Kecele!

Tinggi yang bisa diatur

Kursi kerja yang baik memiliki pengatur tinggi untuk mengakomodasi tinggi tubuh yang berbeda-beda. Pengatur tinggi ini biasanya berbentuk tuas yang bisa ditemukan di bagian bawah kursi.

Untuk kenyamanan saat bekerja, sesuaikan tinggi kursi dengan tinggi tubuh Anda. Lebih baik lagi apabila paha bisa lurus dan sejajar dengan lantai saat duduk di kursi.

Bagian punggung yang menyesuaikan bentuk tubuh

Pernahkah Anda merasa nyeri atau pegal di punggung bagian bawah karena terlalu lama duduk di kursi? Jika ya, cobalah untuk mencari kursi dengan bagian punggung kursi yang menyesuaikan bentuk tubuh.

Jika Anda perhatikan, rata-rata kursi kerja memiliki bentuk punggung kursi yang sedikit melengkung. Hal ini bertujuan untuk menunjang kenyamanan saat bekerja dengan cara menyokong bentuk tulang belakang supaya tidak terus-terusan membungkuk ke depan atau tegak lurus.

Sebagai tambahan, carilah kursi dengan bagian punggung yang bisa dimiringkan untuk menyesuaikan posisi duduk yang nyaman bagi Anda. Pastikan tuas pengatur kemiringan pada kursi bisa menahan bagian punggung kursi dengan baik untuk menghindari kursi yang miring ke belakang secara tiba-tiba.

Baca Juga: Memilih Furnitur untuk Kamar Anak, Berikut Tipsnya

Dimensi kursi yang menyesuaikan tubuh

Carilah kursi kerja dengan tinggi dan lebar yang menyesuaikan bentuk tubuh Anda. Jika Anda termasuk orang bertubuh tinggi, gunakan kursi dengan dudukan yang agak rendah, dan sebaliknya jika bertubuh pendek.

Selain itu, pastikan tersedia cukup ruang sisa di kursi ketika Anda duduk. Idealnya, kursi yang diduduki tidak terasa sempit dan ada cukup ruang untuk lutut dan kaki anda untuk bergerak bebas.

Bahan kursi yang nyaman

Kursi kerja sebaiknya terbuat dari material yang dapat membiarkan tubuh bernapas. Umumnya, kursi dengan bahan kain sudah cukup baik.

Tak hanya material, bantalan kursi juga penting untuk menunjang kenyamanan. Sebaiknya pilih bantalan yang tidak terlalu empuk atau terlalu keras supaya nyaman untuk diduduki dalam jangka panjang.

Penunjang kenyamanan lainnya

Terakhir, ada beberapa hal kecil tapi penting yang sebaiknya ada di kursi kerja untuk menunjang kenyamanan saat WFH.

Anda bisa mencari kursi dengan armrest atau sandaran lengan untuk menopang kedua lengan saat bekerja. Atau, jika Anda menyukai mobilitas, carilah kursi yang bisa diputar dan memiliki roda.

Itulah beberapa kriteria dalam memilih kursi kerja yang baik untuk WFH. Untuk merek dan harga, pilihlah yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan Anda.

Selamat memilih!

Selanjutnya: Catat 3 Rekomendasi Vacuum Cleaner Cordless untuk Bersih-Bersih Rumah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News