HOME, Santai

Yuk, Rutin Berjalan Kaki, Agar Dapat Banyak Manfaat Bagi Tubuh

Yuk, Rutin Berjalan Kaki, Agar Dapat Banyak Manfaat Bagi Tubuh

MOMSMONEY.ID - Menjadikan berjalan menjadai aktivitas wajib merupakan hal yang baik dan patut Anda jadikan rutinitas yang baik. Merupakan aktivitas olahraga yang kerap diremehkan, ternyata berjalan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Berjalan termasuk dalam olahraga ringan yang tentu saja sesuai untuk siapapun dan di umur berapapun. Disamping itu, olahraga ini juga merupakan olahraga yang murah dan mudah selain berlari. Anda dapat melakukan olahraga ini dirumah maupun diluar rumah juga, lo.

Manfaat yang didapat dari olahraga satu ini juga banyak. Nah, berikut ini adalah fakta-fakta mengenai manfaat jalan kaki yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga: Kood, Kantin Plant Based di Bali yang Menyediakan Menu Makanan Vegan Friendly

Mampu membakar kalori

Hanya dengan berjalan, kalori dalam tubuh Anda dapat mengalami proses pembakaran juga, lo. Jika Anda sedang dalam program diet namun memiliki kesulitan dalam melakukan olahraga berat, maka berjalan bisa menjadi pilihan yang tepat.

Melansir dari halaman Health Line, kalori yang terbakar dalam tubuh dipengaruhi oleh kecepatan berjalan, jarak jalan yang Anda tempuh, jalur yang Anda tempuh, dan berat badan Anda. 

Meningkatkan kesehatan tubuh

Halaman Better Health menyatakan bahwa dengan berjalan selama 30 menit sehari, kesehatan rata-rata pada tubuh Anda akan meningkat. Kebugaran kardiovaskular Anda akan meningkat, kekuatan tulang bertambah, mengurangi lemak tubuh, dan menambah kekuatan otot.

Di samping itu, resiko penyakit diabetes tipe 2, osteoporosis, dan penyakit jantung juga dapat diminimalisir dengan rutin melakukan olahraga ini. 

Baca Juga: Rempah Herbal Ini Bisa Bantu Atasi Masalah Perut

Meningkatkan sistem imun tubuh

Dengan berjalan, kemungkinan untuk terkena flu atau demam ternyata dapat diminimalisir. Health Line menyatakan dalam lamannya bahwa berjalan selama 30-45 menit dalam ritme sedang dapat mengurangi 43% kemungkinan sakit terkena flu dan penyakit pernafasan lainnya.

Jika Anda mengalami kesusahan untuk berjalan di luar rumah, Anda dapat menggunakan treadmill atau tangga di rumah Anda untuk melakukan olahraga yang bisa membantu meningkatkan sistem imun tubuh ini.

Menumbuhkan kreatifitas

Berjalan merupakan kegiatan olahraga yang dapat dilakukan dimana pun termasuk di lingkungan perumahan atau kebun yang luas. Suasana yang tenang dan segar saat melakukan olahraga ini dapat membuat pikiran jernih dan meningkatkan pikiran kreatif Anda.

Melakukan olahraga ini bersama teman maupun keluarga juga dapat membantu Anda berpikir jernih mengenai permasalahan yang mungkin sedang Anda hadapi. Karena dapat membantu Anda berpikir jernih.

Pastikan Anda memilih aktivitas olahraga berjalan yang sesuai dengan diri Anda, baik dari segi umur maupun kekuatan tubuh. Jangan lupa untuk selalu memberi hidrasi pada tubuh Anda saat melakukan olahraga ini, ya.

Selanjutnya: Yuk, Ketahui Sushi Etiquette yang Harus Anda Hindari Sebelum Menyantap Sushi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News