HOME, Santai

Yuk Ketahui Beda Ice Cream, Gelato, dan Sorbet Berikut Ini!

Yuk Ketahui Beda Ice Cream, Gelato, dan Sorbet Berikut Ini!

MOMSMONEY.ID - Dessert merupakan makanan penutup yang banyak diminati orang. Rasa dessert yang manis dan legit menjadi alasan mengapa makanan penutup ini banyak digemari.

Salah satu dessert yang populer dan banyak digemari adalah ice cream. Makanan penutup beku ini memiliki banyak penggemar dari anak kecil hingga orang dewasa.

Baca Juga: 4 Perbedaan Utama Mentega dan Margarin, Mulai dari Tekstur hingga Kegunaan

Namun, hingga saat ini banyak menu ice cream yang terus dikembangkan. Secara umum ice cream memiliki tiga jenis yang berbeda, yaitu ice cream, gelato, dan sorbet.

Lalu apakah perbedaan ketiga makanan penutup tersebut? Simak penjelasannya berikut ini.

Ice cream

Dessert pertaman adalah ice cream yang dilansir dari laman Real Simple, mengandung setidaknya 10% lemak susu. Lemak susu tersebutlah yang dijadikan bahan utama dalam pembuatan ice cream. Ice cream juga mengandung lemak susu terbanyak dibanding dengan dessert dingin lainnya.

Ice cream memiliki tekstur lembut dan fluffy yang dihasilkan dari adanya gelembung udara pada proses pembuatannya. Gelembung udara tersebutlah yang digunakan untuk membuat temperature tinggi untuk menghasilkan putaran angin yang membuat terciptanya tekstur ice cream yang lembut dengan berbagai macam rasa yang enak.

Baca Juga: Selain Kaya Vitamin, Inilah 5 Manfaat Labu Air untuk Kesehatan Tubuh

Gelato

Gelato dalam bahasa Italia artinya adalah ice cream yang memiliki perbedaan dalam kandungan lemak susu. Gelato memiliki lemak susu yang lebih sedikit dibanding ice cream. Selain itu gelato juga memiliki gelembung udara lebih sedikit dibandingkan ice cream saat proses pembekuannya.

Laman Master Class menjelaskan bahwa gelato memiliki tekstur yang lebih creamy dan padat dibanding ice cream. Cara penyimpanan gelato juga berbeda dengan penyimpanan ice cream. Gelato disimpan pada suhu yang lebih tinggi daripada ice cream untuk menjaga tekstur padat dan creamy dari gelato.

Sorbet

Sorbet adalah jenis dessert yang dibuat dari buah-buahan yang telah dihaluskan. Cara mudah untuk membuat sorbet adalah dengan cara, menghaluskan buah-buahan dan kemudian mencampurnya dengan pemanis seperti madu atau gula. Sorbet akan sangat cocok bagi vegan yang ingin menikmati dessert manis.

Sorbet memiliki lemak yang lebih sedikit dibanding dessert beku lainnya seperti ice cream dan gelato. Hal tersebut disebabkan karena sorbet sama sekali tidak mengandung susu atau krim. Karena tidak adanya kandungan krim dalam sorbet membuat tekstur sorbet menjadi lebih ringan dan memiliki rasa yang lebih menyegarkan dibanding ice cream dan gelato.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News