HOME, Keluarga

Yuk, Kenali Ragam Gaya Taman untuk Rumah Anda!

Yuk, Kenali Ragam Gaya Taman untuk Rumah Anda!

MOMSMONEY.ID - Taman merupakan salah satu fitur yang biasanya dijumpai di rumah orang Indonesia, terutama mereka yang memiliki kelebihan lahan di rumahnya.

Selain dapat mempercantik eksterior suatu rumah, taman dapat membantu menyegarkan pikiran penghuni rumah dan melestarikan lingkungan.

Supaya taman rumah Anda terlihat cantik, ada beragam jenis gaya taman yang bisa Anda gunakan, lo. Gaya-gaya taman berikut cukup populer digunakan di seluruh dunia dan dapat membuat rumah Anda tampil beda.

Ingin tahu gaya taman apa saja yang dimaksud? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Baca Juga: 5 Tips Menata Tanaman di Taman Rumah, Dijamin Tampil Cantik!

Taman minimalis

Taman minimalis termasuk gaya taman yang cukup populer digunakan, terutama pada rumah-rumah yang mengusung konsep minimalis.

Dilansir dari Dekoruma, gaya taman minimalis cocok digunakan pada rumah dengan lahan terbatas karena tidak menggunakan banyak ornamen.

Selain itu, tampilan taman ini dibuat sesimpel mungkin dengan tanaman yang ditata rapi dan mengombinasikan rumput dan jalan setapak.

Taman kering

Sesuai namanya, taman kering merupakan jenis taman yang cenderung kering dan tidak memerlukan banyak air, tapi tetap terlihat cantik. Jadi, taman ini cocok untuk Anda yang tidak mau repot-repot mengurusi tanaman di taman rumah.

Taman kering biasanya terdiri dari tanah yang ditutupi bebatuan dan tanaman yang minim perawatan, misalnya kaktus, sukulen, dan lili Paris. Taman kering kadang dimanfaatkan sebagai taman dalam rumah.

Taman Jepang

Bersamaan dengan tren interior rumah bergaya Jepang, taman bergaya Jepang juga turut populer. Taman bergaya Jepang banyak disukai karena tampilannya yang terkesan kalem dan menenangkan.

Dikutip dari Dengarden, taman bergaya Jepang biasanya memiliki jalan berbatu, kolam ikan, tanaman seperti bambu, dan ornamen-ornamen lainnya seperti jembatan.

Tanaman yang digunakan pada taman Jepang biasanya berwarna lembut sehingga enak dipandang.

Baca Juga: Ada Banyak Sinar Matahari di Rumah? Ini Cara Memanfaatkannya

Taman Mediterania

Seperti namanya, taman Mediterania terinspirasi dari wilayah Mediterania yang penuh dengan warna-warna hangat seperti oranye, krem, dan terakota.

Ciri khas yang biasa ditemukan pada taman Mediterania adalah unsur keras seperti batu alam, batu bata, hingga keramik pada permukaannya. Selain itu, tanaman-tanaman pada taman Mediterania juga ditata rapi di sisi-sisi taman sehingga terlihat cantik.

Baca Juga: Bikin Rumah Makin Asri, Ini Tips Menata Tanaman Hias Pot di Teras

Taman tropis

Taman tropis merupakan jenis taman yang paling mudah diterapkan di Indonesia, karena iklim tropis di Indonesia sangat mendukung keberadaan tanaman yang digunakan di taman ini.

Mengutip Forbes Advisor, salah satu ciri khas taman tropis adalah penggunaan tanaman yang rimbun dengan warna-warna yang mencolok. Anda bisa menggunakan berbagai jenis tanaman khas negara tropis, seperti pohon palem, bunga sepatu, bugenvil, anggrek, hingga kamboja.

Taman Inggris

Terakhir, ada taman bergaya English cottage atau taman Inggris yang terlihat klasik dan terinspirasi dari rumah-rumah di pedesaan Inggris.

Taman ini terlihat romantis karena banyak menggunakan bunga, semak-semak, dan pepohonan rimbun yang ditata dengan apik.

Selain itu, taman Inggris kerap menggunakan elemen-elemen seperti kolam, air mancur, kursi taman panjang, patung, dan jalan setapak berbatu.

Itulah beberapa gaya taman rumah populer yang bisa Anda gunakan di rumah. Adakah gaya taman yang menjadi favorit Anda?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News