HOME, BisnisYuk

Yuk, Jajal Usaha Menjual Painting Kit! Modalnya Tak Besar, Marginnya Lumayan

Yuk, Jajal Usaha Menjual Painting Kit! Modalnya Tak Besar, Marginnya Lumayan

MOMSMONEY.ID - Moms pernah melihat hasil mewarnai di atas kanvas, yang hasilnya seperti lukisan? Jika dulunya, aktivitas mewarnai dilakukan di atas kertas, belakangan mewarnai di kanvas jadi tren. Soalnya, hasil pewarnaan lebih bagus dan bisa diberi bingkai pajang di rumah. 

Aktivitas mewarnai di kanvas ini tidak surut ketika pandemi corona, bahkan peminatnya bertambah. Maklumlah, banyak orang beraktvitas di rumah saja, sehingga perlu kesibukan untuk mengisi waktu. Mewarnai menjadi salah satu pilihan. Pelaku mewarnai di kanvas ini juga bukan sebatas remaja dan orangtua, karena anak SD pun bisa melakukannya. Mewarnai, dipercaya menjadi salah satu terapi, sehingga pelakunya lebih tenang dan sabar. Layaknya hobi yang mengasyikkan.

Baca Juga: Simak Ajakan dari Bank BCA untuk Pelaku UMKM

"Kayak ada pride tersendiri, ketika kita bisa mewarnai di atas kanvas. Jadi rasanya senang dan puas," ujar Nur Isti Khomalia, pemilik Kaladikara, salah satu produsen painting kit yang berbasis di Indramayu., seperti dilansir Tabloid KONTAN. 

Nah, menyambut tren dan antusiasme orang untuk mewarnai di atas kanvas, banyak pengusaha memanfaatkannya. Mereka meracik peralatan mewarnai ini dan menjualnya, baik secara online maupun offline. Salah satunya Isti. Menurut Isti, tren painting kit ini tepatnya dimulai tiga bulan setelah pandemi korona tahun lalu.

"Kami sendiri baru mulai menawarkan painting kit awal Juli 2020," jelas Isti, yang menjalankan usaha painting kit sebagai sampingan.

Painting kit ini berisi peralatan mewarnai di atas kanvas. Lazimnya, di dalamnya ada kanvas, easel atau penyangga kanvas, cat akrilik beberapa warna, dan kuas. Di kanvas, sudah tercetak lukisan atau motif yang dapat Anda warnai. Jika melongok marketplace, memang banyak produsen painting kit yang menawarkan produk mereka. Namun, peluang masih ada, karena toh para produsen itu tetap bisa mempertahankan harga jual di atas Rp 90 ribu per unit.

Pengusaha lain tertarik turut serta dalam bisnis ini adalah Radinka Shakila Fermindra dan Mayla Yaffa Ludmilla. Berdua, mereka mendirikan Lets Paint. 

Baca Juga: Modal usaha dari Bank Mandiri untuk UMKM mulai Rp 100 Juta

"Kami lihat beberapa online shop menawarkan produk ini, jadi kami ingin menjual," jelas Dinka yang punya tujuan jualan untuk menambah uang jajan. Lumayan juga, dalam sebulan, Dinka dan Mayla bisa menjual sampai 40 painting kit yang harganya Rp 70 ribu sampai Rp 109 ribu. Dengan motif dan gambar yang ada, mereka membidik pembeli berusia 12-25 tahun.

Adapun Isti bisa melepas antara 100-120 painting kit sebulan. Ia punya gerai di Shopee, dari situlah pembeli paling banyak berasal. Menurut Isti, kebanyakan peminat painting kit adalah dari Jabodetabek.

Rebecca Tjandera pun tertarik terjun ke bisnis ini. Ia bersama rekannya mendirikan Pain Inc. pada Juli 2020.

"Saya ingin memberi opsi aktivitas yang bisa dilakukan di rumah," ujar Rebecca. Dalam sebulan, Paint Inc. dapat menjual antara 500 sampai 750 painting kit yang banderolnya Rp 100 ribu sampai Rp 150 ribu.

Rosalina Mumtaz, malah baru membuka Lookit Paint pada Oktober 2020 lalu.

"Saya dapat ide membuat painting kit karena ada teman yang sangat suka melukis tapi kurang bisa membuat sketsa," kata Rosalina, yang setiap bulan menjual sekitar 30 painting kit ini.

Apakah Anda tertarik mengikuti jejak mereka?

Memulai usaha painting kit ini tidak sulit. Modalnya tak besar-besar amat, bahan baku gampang ditemukan, bahkan bisa dibeli melalui marketplace saja. Usaha ini juga tidak butuh ruang yang besar dan peralatan rumit.

Nah, satu hal yang jadi kunci keberhasilan painting kit adalah kemampuan Anda membuat pattern atau gambar untuk diwarnai. Jadi, jangan heran jika para pengusaha painting kit ini, rata-rata adalah pehobi desain, melukis, punya latarbelakang pendidikan seni rupa, dan semacamnya. Kalau Anda kebetulan tak punya jiwa seni, ya jangan mundur dulu, Moms. Carilah rekan bisnis atau karyawan yang bisa menutup modal seni tersebut.

Dilihat dari dagangannya, peralatan menggambar yang ditawarkan para pengusaha ini relatif sama. Maka, modalnya pun bisa dihitung. Rosalina, Dinka, dan Mayla mulai dengan modal Rp 1,5 jutaan. Isti mulai dengan modal Rp 500 ribu saja.

Painting Kit

Modal painting kit adalah kanvas, cat akrilik beraneka warna, kuas, easel, dan kardus untuk mengemas. Semua bahannya tidak perlu diimpor. 

Kanvas yang dikemas dalam painting kit  untuk dijual, harus sudah dilengkapi dengan lukisan atau pattern tertentu. Biasanya, lukisan ini dicetak di atas kanvas. Catatan saja, tidak semua percetakan digital bisa mencetak di atas kanvas, lo! Para pengusaha yang dihubungi KONTAN ini, rata-rata awalnya kesulitan mencari percetakan kanvas.

"Kebanyakan percetakan digital itu hanya mencetak kain, mereka enggak bisa mencetak kanvas," tutur Dinka.

Baca Juga: Pingin Traveling? Yuk, Ikut Festival Jelajah Indonesia dari Rumah

Nah, hal pertama yang dilihat para pembeli di etalase dunia maya, adalah motif atau lukisan di kanvas untuk diwarnai. Maka, pemilihan lukisan atau motif harus unik. 

Ketika membuat sketsa atau gambar, Anda bebas menentukan warna. Bahkan, warna yang unik sekalipun. Pasalnya, para pengusaha painting kit ini, mencampur sendiri warna yang mereka inginkan. Cat oplosan itu, lantas dikemas dalam tabung-tabung kecil untuk disertakan painting kit.

"Jadi, kita hanya perlu beli yang warna dasar saja," jelas Isti yang biasa menyetok warna putih 5 kilo.

Selain itu, menurut Rosalina, biasanya para pembeli suka, jika di dalam kemasan painting kit, mereka menemukan berbagai macam gimmick. Misalnya saja, pembatas buku, gift sticker. Lagipula, barang-barang ini tampak di etalase toko online.

Semua pengusaha painting kit yang dihubungi KONTAN menjual produk mereka melalui internet. Untuk memenangi persaingan di pasar, mereka menerapkan banyak cara, selain sketsa yang unik dan berbagai gift.

Nah, bagaimana, Moms? Mau menjajal bisnis ini? 

Selanjutnya: Inspirasi Wallpaper Motif Bata yang Bikin Rumah Terlihat Rustic

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News