Santai

Yuk Intip Cara Mencuci Sepatu Menggunakan Mesin Cuci

Yuk Intip Cara Mencuci Sepatu Menggunakan Mesin Cuci

MOMSMONEY.ID - Mencuci sepatu bisa membutuhkan waktu dan tenaga yang cukup banyak. Jika Anda terlalu sibuk mencucinya secara manual, yuk simak cara mencuci sepatu menggunakan mesin cuci. 

Cara mencuci sepatu dengan mesin cuci tidak bisa digunakan untuk seluruh sepatu. Anda perlu melihat label tiap sepatu Anda apakah boleh dicuci dengan mesin cuci. Jika tidak disarankan, sebaiknya cuci secara manual. 

Nah, jika Anda ingin mencuci sepatu menggunakan mesin cuci jangan lupa menggunakan tas atau kantong laundry. Melansir The Spruce, begini cara mencuci sepatu menggunakan mesin cuci.

Baca Juga: Bikin Cepat Haus, Batasi Konsumsi Makanan dan Minuman Ini Saat Sahur dan Buka Puasa

1. Lepaskan tali sepatu dan bagian insol
Jika sepatu Anda memiliki tali sepatu, lepaskan tali tersebut sebelum dicuci. Masukan tali sepatu ke tas laundri sebelum menyalakan mesin cuci atau cuci tali sepatu dengan manual menggunakan air hangat dan detergen. Jangan lupa lepaskan bagian insol sepatu Anda. 

2. Gunakan produk detergen yang terbaik
Anda bisa menggunakan detergen cuci baju yang biasa Anda gunakan. Namun sebaiknya gunakan detergen yang berbasis enzim yang bisa memutus ikatan antara molekul noda dengan kain. 
Jika sepatu Anda terlihat kusam, tambahkan satu sendok pemutih berbahan dasar oksigen ke dalam tabung mesin cuci. Bisa juga menambahkan disinfektan untuk membasmi jamur pada sepatu. 

3. Pilih pengaturan mesin cuci yang tepat
Pilih pengaturan mesin cuci yang ringan atau lembut (gentle cycle). Pengaturan ini akan mencegah sol sepatu Anda rusak dan tidak seimbang.

4. Jika sepatu memiliki noda membandel, cuci secara manual
Jika sepatu Anda memiliki noda membandel dan mudah terlihat, taburkan detergen ada noda dan sikat dengan sikat berbulu lembut. Kemudian diamkan 15 menit dan masukan ke mesin cuci. 
Jika sepatu Anda berlumpur, hilangkan terlebih dahulu lumpur dari sepatu. Biarkan lumpur mengering dan sikat dengan sikat lembut. Kemudian masukan ke mesin cuci. 

5. Cuci sepatu dan tali menggunakan kantong jaring laundry
Untuk mencuci sepatu dengan mesin cuci, Anda membutuhkan tas laundry yang berjaring. Jangan lupa tarik keluar bagian lidahnya agar larutan pembersih bisa menjangkau setiap permukaan dengan mudah. Sepatu bisa dicuci dengan cucian lain yang berwarna sama atau memiliki berat yang sama seperti celana jeans atau handuk. 

6. Keringkan sepatu Anda
Setelah selesai mencuci sepatu dengan mesin cuci, ambil sepatu dan keringkan. Jemur sepatu di tempat yang tidak langsung terkena sinar dan panas matahari. Jangan masukan mesin cuci ke tabung atau mesin pengering karena bisa membuat lem sepatu meleleh.

Baca Juga: 5 Olahraga Terbaik untuk Dilakukan di Bulan Ramadan, Tidak Terlalu Berat!

Demikian cara mencuci sepatu dengan mesin cuci. Namun sebelum mencuci, pastikan sepatu Anda memang bisa atau disarankan dicuci dengan mesin cuci. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News