Keluarga

Bikin Cepat Haus, Batasi Konsumsi Makanan dan Minuman Ini Saat Sahur dan Buka Puasa

Bikin Cepat Haus, Batasi Konsumsi Makanan dan Minuman Ini Saat Sahur dan Buka Puasa

MOMSMONEY.ID - Catat ya, ini makanan dan minuman yang harus dibatasi saat sahur dan buka puasa karena bisa menyebabkan haus.

Salah satu tantangan yang harus dihadapi saat berpuasa adalah menahan rasa haus. Haus berlebih saat puasa merupakan hal yang wajar mengingat kita diharuskan untuk tidak minum sama sekali dari pagi hingga petang.

Kendati tak terhindarkan, namun rasa haus berlebih akibat puasa dapat dikurangi dengan membatasi konsumsi makanan dan minuman yang dirangkum dari Food NDTV berikut ini pada saat sahur dan buka puasa:

Baca Juga: Moms, Hindari Mengonsumsi 5 Makanan Ini Saat Berbuka Puasa Ya

1. Kopi dan teh

Jenis Olahan Black Coffee Berbasis Espresso

Minuman apapun yang mengandung kafein termasuk kopi dan teh memiliki sifat diuretik. Sifat ini dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil yang menyebabkan lebih cepat haus.

Selain itu, kafein juga dapat mempercepat dehidrasi dalam tubuh. Jadi, semakin banyak kopi atau teh yang Anda minum, maka semakin tinggi pula kemungkinan Anda mengalami dehidrasi saat berpuasa.

Jika Anda tidak bisa lepas dari kopi atau teh, Anda tetap dapat meminumnya asalkan tidak lebih dari tiga cangkir dalam sehari. Ini dilakukan untuk mencegah ketidakseimbangan akibat kehilangan cairan.

2. Makanan asin

Kentang goreng

Makanan asin seperti keju olahan dan fast food mengandung natrium yang tinggi. Adapun makanan tinggi natrium dapat menyebabkan hilangnya cairan yang berkontribusi pada rasa haus berlebih.

Saat sahur dan berbuka, usahakan untuk membatasi konsumsi makanan kaleng, makanan olahan, makanan beku, dan makanan berbumbu agar tidak terlalu haus selama berpuasa.

Baca Juga: 5 Makanan untuk Mencegah Kulit Kering Saat Puasa, Konsumsi Saat Sahur atau Berbuka

3. Makanan tinggi protein

Dada ayam

Jika Anda sedang menjalani diet tinggi protein, kemungkinan besar Anda akan mengalami dehidrasi.

Pasalnya, tubuh menggunakan lebih banyak air untuk memetabolisme nitrogen alami dan protein, sehingga sel dapat kehilangan kandungan air secara signifikan. Pada gilirannya, kondisi ini bisa menyebabkan dehidrasi.

Oleh sebab itu, pastikan Anda minum lebih banyak air saat sedang menjalani diet tinggi protein di bulan Ramadan.

4. Minuman manis

Minum soda

Minuman manis memang dapat memulihkan energi dengan segera tatkala Anda sangat membutuhkan cairan. Meskipun begitu, minuman dengan kandungan gula yang tinggi bisa meningkatkan laju kehilangan air dalam tubuh.

Minuman manis diyakini dapat menciptakan lingkungan asam yang bisa merusak fungsi enzim dan menurunkan kapasitas penyimpanan air dalam tubuh yang diperlukan untuk memetabolisme semua kelebihan gula di dalam sistem.

Jadi, batasilah konsumsi minuman manis termasuk minuman berenergi, minuman bersoda, dan minuman olahraga untuk mencegah dehidrasi saat berpuasa.

Itulah makanan dan minuman yang harus dibatasi saat sahur dan buka puasa karena bisa menyebabkan haus.

 

.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News