Yuk, Cek Dulu Apakah Anda Berada Dalam Hubungan Yang Sehat

Reporter: Christ Penthatesia
Kamis, 25 November 2021 | 11:30 WIB
Yuk, Cek Dulu Apakah Anda Berada Dalam Hubungan Yang Sehat

ILUSTRASI. Bertahan lama dalam sebuah hubungan memerlukan sebuah hubungan yang sehat dan saling mendukung.

MOMSMONEY.ID - Kondisi hubungan yang sehat diantara pasangan bisa menjadi salah satu faktor untuk membuat hubungan menjadi awet. 

Healthy relationship atau hubungan yang sehat dibutuhkan bagi dua orang untuk bisa membangun sebuah hubungan yang baik dan bertahan lama.

Lalu, bagaimana sebenarnya hubungan yang sehat ini? Berikut ini adalah beberapa tanda hubungan yang sehat.

Baca Juga: Ini 5 Ucapan Orang Tua yang Bisa Menyakiti Perasaan Anak, Please Jangan Diucapkan!

Bisa menjadi diri sendiri

Hubungan yang sehat tak akan memaksa pasangannya untuk berubah menjadi orang lain. Dalam healthy relationship menjadi diri sendiri adalah hal yang paling utama. Karena hubungan yang baik tidak akan membuat pasangannya malu dengan menjadi dirinya sendiri.

Saling percaya

Laman Mind Body Green menjelaskan bahwa healthy relationship atau hubungan yang sehat harus melibatkan rasa percaya antar pasangan. Sesama pasangan harus bisa belajar untuk saling mempercayai pasangannya secara emosional, fisik, dan spiritual.

Respect

Dalam sebuah hubungan yang sehat, pasangan akan memiliki respect satu dengan lainnya. Sesama pasangan juga harus memiliki nilai kepada pasangannya dan menunjukkan respectnya dalam perkataan, perilaku, dan perbuatan.

Baca Juga: 6 Tips untuk Para Working Moms Agar Hidup Tetap Seimbang

Memberikan perhatian satu sama lain

Hubungan yang baik dan sehat adalah hubungan dimana adanya perhatian yang saling diberikan kepada pasangan. Laman Bustle menyatakan bahwa untuk memiliki hubungan yang langgeng, perhatian dan hubungan antar partner harus menjadi prioritas utama dalam hubungan.

Menghargai waktu masing-masing

Hubungan yang sehat adalah hubungan yang dimana kedua pasangan bisa menghargai waktu sendiri masing-masing. Keduanya bisa memberikan kesempatan pasangannya untuk berkembang dan menikmati waktunya sendiri. Sehingga ketergantungan tidak menjadi hal utama dalam hubungan yang sehat.

Memiliki solusi

Semua hubungan pastinya akan mengalami konflik. Seperti yang dilansir dari laman Health Line, hubungan yang sehat pasti akan memiliki konflik. Namun ketika konflik tersebut bisa dibicarakan dengan baik dan tidak saling menghindar, maka solusi dan kompromi akan ditemukan kedua belah  pihak.

 

Selanjutnya: Kompak, rupiah Jisdor juga melemah 0,06% ke RP 14.280 per dolar AS pada Kamis (25/11)

Editor: Christ Penthatesia
Terbaru