HOME, Keluarga

6 Tips untuk Para Working Moms Agar Hidup Tetap Seimbang

6 Tips untuk Para Working Moms Agar Hidup Tetap Seimbang

MOMSMONEY.ID - Menjadi seorang ibu tentu bukanlah sesuatu yang mudah. Meski bisa menjadi salah satu pengalaman paling berharga dalam kehidupan seorang wanita, faktanya terbilang sulit untuk menyeimbangkan segala sesuatu di sekitar tanpa kehilangan diri sendiri.

Bagi Anda para ibu rumah tangga yang juga bekerja, pastilah ada perjuangan ekstra yang harus dilakukan. Sebagai seorang working mom, Anda dituntut untuk terampil dalam hal time management dan problem solving supaya tercipta keseimbangan antara karier dan keluarga.

Supaya kehidupan Anda tetap berjalan teratur, inilah 6 hal yang harus Anda lakukan dan biasakan mulai dari sekarang sebagaimana dilansir dari mommybites.

Baca Juga: Anak Balita Anda Terus Mengoceh dan Tak Mau Diam? Bisa Jadi Inilah Alasannya

1. Tetapkan rutinitas

Meski cenderung lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, nyatanya menetapkan rutinitas pagi yang sederhana dan menaatinya dapat membantu menghilangkan stres bagi Anda maupun anak-anak, loh.

Anda bisa menyiapkan kebutuhan atau merencanakan agenda esok pagi di malam hari sebelumnya untuk menyingkat waktu sekaligus meminimalkan kebingungan terkait apa saja yang harus Anda lakukan pada pagi hari.

Seberes melakukan pekerjaan di pagi hari, Anda bisa mulai mengatur tugas apa saja yang harus dilakukan di hari itu. Dengan begini, aktivitas Anda akan terorganisasi dengan baik dan jauh dari kata kewalahan.

2. Bekerja secara efisien

Menyusun jadwal dan menaatinya sangat penting untuk menjaga waktu Anda tetap efisien sepanjang hari. Pastikan Anda tidak tergoda untuk bermain media sosial sebelum pekerjaan benar-benar selesai atau sebelum waktu istirahat tiba.

Hal ini dilakukan supaya pekerjaan Anda bisa selesai tepat waktu dan Anda dapat pulang ke rumah sesegera mungkin.

Untuk meminimalkan gangguan ketika bekerja, Anda bisa membuat jadwal kegiatan anak beserta catatan penting lainnya pada malam sebelumnya atau sebelum Anda pergi ke kantor.

3. Luangkan waktu untuk anak

Seperti Anda tahu, kebutuhan akan ikatan antara anak-anak dan orang tua adalah sesuatu yang tidak boleh diabaikan.

Mengingat Anda adalah seorang working mom, waktu yang tersedia untuk dihabiskan bersama anak-anak pun tentu tidak sebanyak para ibu yang bekerja di rumah secara penuh. Oleh sebab itu, manfaatkanlah waktu luang Anda sebaik mungkin untuk quality time bersama anak meski hanya diisi dengan kegiatan yang sederhana.

4. Tetap terhubung dengan anak

Tetap terhubung dan terbuka dengan anak menjadi hal berikutnya yang harus Anda terapkan. Entah itu komunikasi secara langsung atau melalui perangkat elektronik, jangan sampai Anda tidak melakukan percakapan dengan anak ketika sedang senggang.

Ketika waktu istirahat tiba, jauhkan pekerjaan Anda dan raihlah ponsel Anda untuk menghubungi anak. Jika anak tak memegang ponsel, Anda bisa menelepon baby sitter (jika ada) atau pihak sekolah dan meminta anak untuk berbicara dengan Anda. Melalui cara ini, kemungkinan anak akan merasa lebih nyaman menjalani harinya karena dapat mendengar suara Anda.

5. Agendakan kegiatan keluarga

Menciptakan waktu khusus untuk keluarga merupakan hal yang penting untuk dibiasakan. Saat akhir pekan tiba, gunakanlah waktu ini untuk melakukan berbagai kegiatan bersama anak-anak dan pasangan.

Selain menyenangkan, kegiatan ini juga akan menciptakan lingkungan yang sehat, meningkatkan rasa saling percaya, dan memenuhi kebutuhan emosional anak.

Adapun memenuhi kebutuhan emosional anak sama pentingnya dengan memenuhi kebutuhan fisik mereka. Itu juga akan bermanfaat bagi anak selama sisa hidup mereka. Jadi, pastikan Anda tidak lupa meluangkan waktu untuk lebih fokus pada keluarga selama hari libur.

6. Jangan lupa merawat diri

Anak-anak dan karir Anda memanglah penting, namun jangan sampai kedua hal itu membuat Anda lupa untuk merawat diri. Ingatlah bahwa diri Anda sama pentingnya dengan buah hati dan urusan pekerjaan Anda. Oleh sebab itu, tidurlah dengan cukup dan luangkan waktu untuk melakukan perawatan diri.

Selain itu, Anda juga harus belajar untuk berkata "tidak" terlebih ketika Anda membutuhkan waktu untuk mengembalikan energi atau keseimbangan dalam kehidupan Anda. Jangan pernah membebani diri Anda dengan rasa bersalah tentang apa yang tidak dapat Anda lakukan dan berfokuslah hanya pada apa yang Anda bisa. Jika Anda membiarkan diri Anda tidak terawat dengan baik, Anda pun akan memiliki sedikit waktu atau energi untuk menjadi seorang working mom.

Sekian 6 hal yang harus dilakukan oleh para working moms untuk menciptakan kehidupan yang seimbang. Intinya, pintar-pintarlah membagi waktu untuk urusan pekerjaan, anak, dan pribadi.

Ketika Anda terbiasa melakukan segala urusan dengan terorganisasi, bukan tidak mungkin anak akan menjadikan Anda sebagai teladan yang bermanfaat untuk kehidupan mereka ke depannya.

Selanjutnya: Catat, 5 Makanan Ini Dapat Memengaruhi Suasana Hati Anak Secara Negatif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News