Santai

Wisata Kuliner Nusantara yang Wajib Anda Cicipi, Ada Pindang Gombyang

Wisata Kuliner Nusantara yang Wajib Anda Cicipi, Ada Pindang Gombyang

MOMSMONEY.ID - Indonesia adalah salah satu negara yang kaya akan rempah-rempah dan menciptakan banyak ragam kuliner. Yuk, intip rekomendasi wisata kuliner Nusantara yang wajib Anda cicipi. Ada pindnag gombyang hingga itik gambut. 

Rekomendasi wisata kuliner ini mungkin belum pernah Anda cicip sebelumnya. Berbeda dengan rendang, nasi goreng, atau sate yang sudah tak asing. 

Melansir data RedDoorz, pada 2019, ada 3.259 hidangan khas Indonesia. Daftar makanan khas Indonesia tentu saja bisa bertambah dengan banyaknya kreativitas di bidang kuliner.

Yuk, langsung saja simak rekomendasi wisata kuliner Nusantara yang wajib Anda cicipi. 

Baca Juga: Sebentar Lagi, Ada Penerbangan Jogja-Kuala Lumpur Langsung Tanpa Transit

1. Pindang gombyang ikan manyung asal Indramayu, Jawa Barat

Rekomendasi wisata kuliner Jawa Barat ini cocok untuk Anda yang suka makanan berkuah. Pindang gombyang ikan manyung berbahan utama kepala ikan manyung yang dimasak dengan bumbu kuning. 

Pindang gombyang ikan manyung asal Indramanyu
Rasanya asam, manis dan gurih dipadukan dengan tekstur daging kepala ikan manyung yang lembut. Sangat nikmat jika Anda makan dengan nasi putih hangat.

Jika Anda tertarik mencicipi kuliner Indramayu Jawa Barat ini, bisa menginap di RedDoorz Syariah @Haurgeulis. 

2. Cakalang Fufu asal Tomohon, Sulawesi Utara

Wisata kuliner khas Tomohon ini menggunakan bahan utama ikan cakalang yang dimasak di atas asap hingga berubah warna menjadi gelap. Sajian ini dihidangkan dengan bumbu yang enak dan sambal dabu-dabu yang segar. 

Cakalang Fufu Khas Tomohon

Tak hanya wisata kuliner di Tomohon yang bisa Anda nikmati. Tomohon adalah kota yang dikelilingi tujuh gunung, tujuh air terjun dan tujuh danau yang bisa Anda nikmati.

Jika berkunjung ke Tomohon, Anda bisa menginap di Sky Residence Tomohon RedPartner. 

3. Tempoyak Ikan Patin asal Jambi

Wisata kuliner khas Jambi ini merupakan hasil fermentasi durian yang diolah dengan ikan patin.

Cara mengolahnya, ikan patin difermentasi selama tiga hari, dicampur dengan rempah-rempah kunyit, cabai merah, bawang putih, dan bawang merah. Rasanga segar, pedas, manis, dan asam. 

Tempoyak ikan patin khas Jambi

Jika Anda tertarik berkunjung ke Jambi, coba menginap di RedDoorz Premium @Hotel Ratu Residence ata RedDoorz near Sultan Thaha Airport Jambi. 

Baca Juga: Suhu Terik 35°C, Ini Penyebab Suhu Menyengat saat Musim Hujan

4. Kepiting Kenari asal Balikpapan, Kalimantan Timur

Wisata kuliner Balikapan yang satu ini merupakan olahan kepiting kenari yang dibuat dengan dengan bumbu lada hitam, saus padang, saus tiram, dan lain sebagainya.

Ciri khas kepiting asal Balikpapan ini adalah kepiting yang dikenal mengonsumsi buah kelapa segar sehingga membuat dagingnya terasa lebih manis dan enak. 

Kepiting Kenari khas Balikpapan

Jika Anda mau ke Balikpapan, bisa meningap di RedDoorz Plus near Sepinggan Airport 3 dan RedDoorz near E-Walk Mall Balikpapan.

5. Itik Gambut asal Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Wisata kuliner asal Banjarmasin ini merupakan olahan nasi dengan itik yang diberi bumbu khas Banjar yang gurih. Cita rasa yang dihasilkan antara lain pedas, gurih, dan sedikit manis yang menyerap di dagig itik. 

Kepiting Kenari khas Balikpapan

Baca Juga: Resep Cilok Brokoli Isi Ayam, Camilan Unik dan Menyehatkan Khas Kota Bandung

Selain itik gambut, Anda juga bisa menikmati Soto Banjar yang sudah cukup terkenal. Jangan lupa meningap di RedDoorz Near Jalan Pramuka Banjarmasin atau RedDoorz Near Taman Bekantan Banjarmasin jika berkunjung ke sini. 

Demikian rekomendasi wisata kuliner nusantara dari RedDoorz. Jika Anda menginap di RedDoorz ada promo potongan harga 25% yang berlaku 7-23 Januari 2023 dengan kode promo TAHUNBARU2023. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News