Bugar

Waspadai Penularan Cacar Monyet Melalui Pemberian ASI, Ini Penjelasannya!

Waspadai Penularan Cacar Monyet Melalui Pemberian ASI, Ini Penjelasannya!

MOMSMONEY.ID - Saat ini, cacar monyet atau monkeypox telah ditetapkan sebagai kondisi darurat global oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Seperti telah diketahui, masalah kesehatan ini telah menyebar di 75 negara di seluruh dunia, dengan total kasus mencapai lebih dari 16 ribu.

Meski penelitian terkait penularan cacar monyet melalui ASI terus dilakukan, dokter mengimbau sebaiknya ibu yang sedang mengidap cacar monyet tidak memberikan ASI kepada bayinya.

Menurut pakar, virus dapat ditularkan melalui ASI seperti halnya pada sperma. Sebab, virus sama-sama mengalir melalui darah. 

Selain itu, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) juga mengimbau kepada semua ibu menyusui yang terpapar cacar monyet, untuk tidak memberikan ASI kepada bayinya.

Baca Juga: Cara Tepat Mengantisipasi Cacar Monyet yang Perlu Anda Ketahui

Ibu baru boleh kembali memberikan ASI, baik secara langsung maupun ASI perah apabila semua luka sudah sembuh, keropeng menghilang sepenuhnya, dan telah terbentuk lapisan kulit baru.

Alhasil, ASI yang diperah harus dibuang selama ibu masih terinfeksi cacar monyet. 

Supaya terhindar dari paparan virus penyebab cacar monyet, pastikan untuk melakukan tindakan pencegahan yang tepat, yaitu:

1. Tidak berkontak langsung dengan hewan yang memiliki risiko menyebarkan virus penyebab cacar monyet.

2. Selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelah beraktivitas. Termasuk setelah melakukan kontak langsung dengan hewan berisiko dan pengidap cacar monyet.

3. Memastikan semua sayuran dan buah dicuci sampai bersih dan memasak daging sampai matang.

4. Cukup istirahat.

5. Memenuhi asupan nutrisi untuk meningkatkan imun tubuh.

6. Memakai alat pelindung diri ketika melakukan kontak langsung dengan pengidap.

7. Jika memang dibutuhkan, Anda bisa mengonsumsi suplemen dan vitamin sesuai dengan anjuran dokter. 

Itulah penjelasan tentang penularan penyakit cacar monyet melalui pemberian ASI yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News