Bugar

Cara Tepat Mengantisipasi Cacar Monyet yang Perlu Anda Ketahui

Cara Tepat Mengantisipasi Cacar Monyet yang Perlu Anda Ketahui

MOMSMONEY.ID - Cacar monyet sedang marak menyebar belakangan ini, sehingga perlu tahu cara tepat untuk mengantisipasinya.

Beberapa caranya adalah rutin mencuci tangan dan menghindari kontak dengan seseorang yang terinfeksi.

Mengutip The New England Journal of Medicine, penularan cacar monyet terjadi melalui air liur, kontak dekat atau langsung dengan lesi pada kulit, serta melalui benda yang terkontaminasi.

Beberapa riset menyebut jika aktivitas seksual sesama pria lebih rentan untuk alami penyakit ini.

Baca Juga: Waspadai Cacar Monyet! Kenali Gejala Umumnya Berikut Ini!

Selain itu, dilansir dari The New England Journal of Medicine dan CDC, berikut ini beberapa cara tepat mengantisipasi cacar monyet yang bisa Anda ketahui, antara lain: 

1. Hindari kontak dengan hewan yang berpotensi menyebarkan virus seperti primata.

2. Isolasi segera pasien yang punya risiko tinggi terhadap penyakit ini.

3. Laporkan kepada petugas kesehatan setempat jika menemukan hewan dengan gejala seperti mata berair dan terdapat luka di area kulit.

4. Hindari kontak dengan materi yang terpapar hewan yang sudah terjangkit cacar monyet.

5. Rutin cuci tangan dengan sabun dan bilas dengan air mengalir setiap akan makan dan setelah kontak dengan hewan ataupun orang yang sakit.

6. Lakukan vaksinasi. Walaupun sampai saat ini belum ada vaksin spesifik untuk mencegah cacar monyet, tetapi vaksin cacar variola bisa digunakan. 

7. Memakai masker jika berada di area endemis penyakit cacar monyet karena penularan dapat terjadi saat penderitanya batuk dan bersin. 

8. Jangan mengonsumsi bushmeat (wildmeat atau game meat), yaitu daging buruan dari hewan liar seperti simpanse, gorila, antelop, hewan reptil, hingga burung dari hutan tropis.

9. Tetap tinggal di rumah dan batasi kontak dengan seseorang yang memiliki gejala penyakit ini.

10. Hindari kontak fisik, termasuk kontak seksual, terhadap orang yang terinfeksi atau memiliki kemungkinan telah terpapar virus ini.

11. Bersihkan dan disinfeksi permukaan dan benda yang sering disentuh.

Baca Juga: Cara Penularan, Gejala, dan Pencegahan Cacar Monyet yang Perlu Anda Ketahui

Itulah beberapa cara tepat untuk mengantisipasi cacar monyet yang sedang marak terjadi di beberapa negara dan perlu Anda ketahui.

Pastikan untuk melindungi diri dengan melakukan beberapa cara di atas. Juga, terapkan segala cara pencegahan yang membuat seseorang lebih rentan untuk terserang infeksi penyakit ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News