Bugar

Waspadai! Ini Tanda Kelelahan Mental yang Masih Sering Disepelekan

Waspadai! Ini Tanda Kelelahan Mental yang Masih Sering Disepelekan

MOMSMONEY.ID - Ada beberapa tanda kelelahan mental yang perlu Anda waspadai. Mulai dari kehilangan motivasi, hingga mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi.

Jika Anda mengalami salah satu atau sejumlah tanda tersebut, segeralah meminta bantuan medis pada ahlinya. Tujuannya agar penanganan yang tepat untuk mengatasi setiap permasalahan yang Anda hadapi bisa segera dilakukan.

Perlu diketahui bahwa kelelahan mental merupakan kondisi di mana seseorang merasakan kondisi kelelahan secara emosional akibat kondisi kehidupannya. Berita buruknya, kelelahan mental bisa dialami oleh siapa saja. 

Baca Juga: Selain Insomnia, Ini 4 Penyakit yang Menyebabkan Susah Tidur

Ada berbagai tanda yang perlu Anda waspadai terhadap kondisi kelelahan mental. Dilansir dari Mental Health, kelelahan mental bisa menyebabkan berbagai gejala pada pengidapnya, seperti:

Kehilangan minat terhadap hal-hal yang menyenangkan

Orang yang mengalami depresi tak punya keinginan untuk melakukan kegemarannya. Misalnya, jika sebelumnya seseorang sangat senang main game, keinginan untuk main game tersebut bisa hilang sama sekali saat mengalami depresi.

Kesulitan berkonsentrasi

Terlalu banyak situasi yang membuat tekanan nyatanya bisa membuat Anda kesulitan untuk berkonsentrasi. Cobalah untuk mengatasi situasi secara perlahan agar Anda bisa mengerjakan dan mengatasi semuanya dengan lebih baik dan penuh konsentrasi.

Perubahan berat badan

Perubahan berat badan bukanlah gejala khas depresi. Namun, penderita depresi sering kali mengalami perubahan berat badan. Perubahan tersebut bisa berupa berat badan yang terus-menerus naik atau makin turun.

Baca Juga: Waspadai! Sederet Masalah Kesehatan yang Rentan Terjadi pada Wanita

Lebih mudah tersinggung

Kelelahan mental yang tidak segera diatasi bisa menyebabkan Anda lebih mudah tersinggung. Bahkan, terhadap hal-hal kecil yang biasanya dianggap wajar. Sikap mudah tersinggung ini juga membuat Anda kerap meledakkan amarah dan putus asa.

Gangguan tidur

Penderita depresi kerap mengalami gangguan tidur. Bentuk gangguan tidurnya bisa sangat beragam. Ada yang mengalami kesulitan memulai tidur (insomnia), atau justru mengantuk sepanjang hari (hipersomnia).

Sebagian penderita bisa tidur, tetapi mengalami mimpi buruk yang membuat kualitas tidurnya juga terganggu.

Saat Anda mengalami kelelahan mental, jangan lupa siapkan waktu untuk berolahraga. Tidak hanya olahraga fisik, Anda juga bisa melakukan kegiatan yang menenangkan.

Misalnya, meditasi, yoga, atau mencari teman yang Anda percaya untuk bercerita. Hal ini cukup membantu mengatasi stres maupun kelelahan mental yang Anda alami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News