Bugar

Selain Insomnia, Ini 4 Penyakit yang Menyebabkan Susah Tidur

Selain Insomnia, Ini 4 Penyakit yang Menyebabkan Susah Tidur

MOMSMONEY.ID - Anda susah tidur? Inilah beberapa penyakit yang bisa menyebabkan susah tidur yang perlu Anda ketahui. 

Susah tidur merupakan kondisi yang membuat seseorang sulit untuk memulai tidur, terbangun beberapa kali ketika sedang tidur, atau tidak bisa tidur kembali setelah terbangun dari tidurnya.

Kondisi ini tidak hanya akan mengganggu aktivitas pada keesokan harinya, tetapi juga memicu berbagai penyakit.

Ada beragam penyebab susah tidur di malam hari, mulai dari gangguan tidur, kebiasaan tidur yang buruk, hingga penyakit tertentu.

Berdasarkan bentuk gejalanya, gangguan tidur terbagi dalam beberapa jenis. Di bawah ini adalah beberapa jenis gangguan tidur yang sering terjadi dilansir dari Sleep Education, antara lain: 

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Masalah Kurang Tidur pada Anak Remaja

Insomnia

Insomnia adalah kondisi ketika seseorang sulit tidur atau butuh waktu yang sangat lama sampai bisa tidur. Insomnia bisa disebabkan oleh kebiasaan sebelum tidur yang tidak baik, gangguan mental, atau penyakit tertentu salah satunya gangguan kelenjar pineal.

Hipersomnia

Hipersomnia adalah kondisi ketika penderitanya tidur sangat panjang sehingga penderitanya selalu mengantuk di siang hari. Ada berbagai hal yang berpotensi menyebabkan hipersomnia atau tidur berlebihan, salah satunya adalah depresi.

Tidur berjalan 

Penyakit tidur berjalan atau sleepwalking dalam istilah medis disebut somnabulisme. Penderita kondisi ini sering bangun, berjalan, atau melakukan berbagai kegiatan dalam keadaan tidur, tetapi ia tidak menyadari apa yang dilakukannya.

Baca Juga: 5 Cara Alami dan Efektif untuk Mengatasi Gangguan Tidur

Sleep terror (teror tidur)

Teror tidur lebih sering terjadi pada anak-anak, terutama yang berusia 4–8 tahun. Penderita teror tidur bisa tampak ketakutan hingga berteriak ketika tidur. Pada anak, kondisi ini bisa dipicu oleh kelelahan atau demam.

Nightmare (mimpi buruk)

Mimpi buruk terjadi saat otak menyebabkan seseorang memimpikan hal-hal yang meresahkan. Belum diketahui mengapa kondisi ini terjadi. Namun, mimpi buruk pada anak diduga dipicu oleh rasa cemas atau takut bila jauh dari orangtuanya.

Itulah beberapa penyakit yang bisa menyebabkan susah tidur dan bisa Anda ketahui. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News