CLOSE [X]
ads

Waspadai 5 Masalah Gigi yang Dapat Menyerang Anjing Peliharaan Anda

Sumber: The Spruce Pets
Jumat, 20 Mei 2022 | 15:15 WIB
Waspadai 5 Masalah Gigi yang Dapat Menyerang Anjing Peliharaan Anda


MOMSMONEY.ID - Meski tidak hidup secara liar, anjing yang dipelihara tetap menggunakan giginya untuk mengunyah makanan, membawa barang, dan bermain. Oleh karena itu, kebersihan dan kesehatan gigi anjing juga perlu dirawat. Bila kondisi dan kebersihan gigi anjing sering terabaikan, masalah gigi akan datang di kemudian hari.

Ada baiknya Anda mengetahui apa saja masalah kesehatan gigi anjing. Dengan mengetahui masalah gigi pada anjing, Anda dapat melakukan pencegahan dan mungkin mengetahui tanda-tanda masalahnya sejak awal. Dilansir dari The Spruce Pets, berikut masalah gigi yang umum diderita anjing.

Baca Juga: Selain Aman untuk Anjing, Memakan Wortel Juga Bermanfaat, I ni Cara Menyajikannya

Penumpukan Plak dan Tartar

Plak adalah biofilm yang berkembang pada gigi. Ini adalah zat keputihan yang utamanya terdiri dari bakteri. Plak akan menyebabkan bau busuk bila semakin lama berada di mulut, menyebabkan kerusakan gigi, dan iritasi gusi. Plak dapat diatasi dengan menyikatnya dalam waktu sekitar 24 hingga 48 jam. Bila terlalu lama, ini akan mengeras dan berubah menjadi karang gigi. Ini dapat dihilangkan dengan scaler gigi profesional.

Penyakit Periodental

Istilah penyakit ini mengacu pada gusi dan tulang yang mengelilingi gigi. Ini terjadi sebagai keparahan plak dan karang gigi. Bakteri masuk ke bawah garis gusi, menggerogoti jaringan, dan tulang yang menahan gigi pada tempatnya. Garis gusi menjadi memerah dan bengkak (gingivitis). Seiring berkembangnya penyakit, akan terjadi kehilangan tulang dan jaringan lunak di sekitar gigi.  Seiring waktu, ini akan mengakibatkan infeksi yang berbahaya dan gigi mulai rontok.

Editor: Anggi Miftasha

Terbaru
TOPIK TERPOPULER