HOME, Keluarga

Ketahui 6 Alasan Anjing Suka Menggosokkan Wajahnya ke Permukaan Benda

Ketahui 6 Alasan Anjing Suka Menggosokkan Wajahnya ke Permukaan Benda

MOMSMONEY.ID - Bagi sebagian orang,  melihat anjing menggosok-gosokkan wajahnya ke permukaan benda mungkin tampak manis dan lucu. Akan tetapi, menjadi mengkhawatirkan bila itu dilakukan secara terus menerus.

Sebab, anjing yang suka menggosok wajahnya karena berbagai alasan dan terkadang tidak selalu merupakan hal yang positif. Makanya, Anda mungkin perlu mencari tahu dulu alasannya sebelum sesuatu yang lebih parah terjadi.

Dilansir dari The Spruce Pets, ini beberapa alasan potensial kenapa anjing menggosok wajahnya pada sesuatu benda. 

Baca Juga: Supaya Tetap Bersih dan Sehat, Begini Caranya Merawat Gigi Anjing Peliharaan

Ada Sesuatu di Wajahnya

Anjing yang merasa ada sesuatu di wajahnya, mungkin akan menggosokkan wajahnya untuk menyingkirkannya. Ini biasanya terjadi ketika anjing usai makan, bermain, atau setelah berenang. Alasan ini sebenarnya tak perlu dikhawatirkan, tetapi sepertinya anjing tetap membutuhkan bantuan.

Keberadaan Kutu atau Tungau

Parasit eksternal seperti kutu atau tungau dapat menggigit, serta menggali ke dalam kulit anjing. Ini menyebabkan peradangan dan iritasi. Ini akan membuat siapa pun gatal di area yang digigit serangga ini, termasuk anjing. Anda membutuhkan obat tungau khusus anjing untuk mengatasinya.

Alergi

Beberapa anjing mengembangkan alergi yang menyebabkan mereka merasa gatal dan akhirnya menggosok wajah mereka pada sesuatu untuk menggaruk. Alergi ini mungkin disebabkan oleh makanan atau sesuatu yang bersifat alergen dari dalam rumah, seperti debu, berbagai rumput, atau serbuk sari tanaman.

Alergi ini bisa terjadi secara konstan atau hanya musiman. Selain menggosok, anjing mungkin juga akan berusaha menggaruk.

Sakit Gigi

Anjing yang merasa sakit gigi atau mulut, akan menggosokkan wajahnya pada sesuatu untuk mengurangi rasa sakitnya. Ini biasanya juga disertai dengan gejala lain, seperti anjing menolak makan, hanya ingin makan yang lunak, atau hanya mengunyah di satu sisi mulutnya saja.

Bau mulut, air liur berdarah, menjilati bibir secara berulang-ulang mungkin akan menyertainya. Anda perlu memeriksakan kondisinya ke dokter hewan bila gejala tersebut terjadi.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Tentang Gigi Anjing. Simak Penjelasannya di Sini!

Iritasi Mata

Terkadang ada benda yang tersangkut, iritasi, atau gorengan di mata yang mana anjing tidak bisa mengatasinya. Hal-hal ini dapat menyebabkan anjing menggosok wajahnya pada benda untuk meredakannya. Jika Anda curiga, segera cek kondisi matanya.

Kalung Leher Terlalu Ketat

Ketika anjing mendapatkan kalung baru, ini harus diperiksa apakah kalung tidak terlalu ketat di leher anjing. Kerah yang terlalu ketat akan menyebabkan anjing menggosok wajah dan lehernya ke lantai, perabotan, atau hal lain untuk meredakan ketidaknyamanan.

Setelah memasangkan kalung, pastikan bahwa kalung tidak terlalu ketat di lehernya. Anda dapat menyelipkan dua jari di bawah kalung untuk memastikan kelonggaran yang pas untuk leher anjing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News