HOME, Bugar

Waspada! Sederet Makanan Ini Bisa Memicu Kolesterol Tinggi

Waspada! Sederet Makanan Ini Bisa Memicu Kolesterol Tinggi

MOMSMONEY.ID - Kolesterol adalah komponen lemak yang penting untuk menjaga sel dan jaringan tubuh. Meski demikian, jumlahnya tidak boleh melebihi batas normal kolesterol tubuh.

Orang yang memiliki kolesterol tinggi perlu menghindari konsumsi beberapa makanan penyebab kolesterol yang bisa jadi semakin memperparah.

Orang dengan riwayat atau risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes pun disarankan untuk membatasi makanan penyebab kolesterol, seperti makanan cepat saji, susu, dan keju.

Baca Juga: Mudah Dilakukan, Inilah 4 Cara Menurunkan Berat Badan

Selain itu, dilansir dari Mayo Clinic, berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang menyebabkan kolesterol tinggi yang perlu dibatasi konsumsinya, antara lain:

1. Makanan yang digoreng

Makanan yang menyebabkan kolesterol tinggi pertama adalah makanan yang digoreng. Berbagai makanan yang digoreng mengandung kolesterol tinggi sehingga harus dihindari.

Makanan yang digoreng tinggi kalori dan dapat mengandung lemak trans yang meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Selain itu, konsumsi goreng-gorengan terlalu sering telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, obesitas, dan diabetes.

2. Es krim

Makanan yang menyebabkan kolesterol tinggi kedua adalah es krim. Satu cup es krim mengandung lebih banyak kolesterol dibandingkan satu buah burger dan donat.

Daripada mengonsumsi es krim sebagai hidangan penutup, lebih baik Anda menggantinya dengan semangkuk buah segar yang kaya serat dan nutrisi, serta rendah kalori.

3. Makanan cepat saji

Makanan yang menyebabkan kolesterol tinggi ketiga adalah makanan cepat saji. Mengonsumsi makanan cepat saji merupakan faktor risiko utama berbagai penyakit kronis.

Anda yang sering mengonsumsi makanan cepat saji memiliki kolesterol lebih tinggi, lebih banyak lemak perut, memiliki tingkat peradangan lebih tinggi, dan gangguan pengaturan gula darah.

Baca Juga: Bisa Dicoba! Inilah Pilihan Menu Sehat untuk Makan Malam

4. Telur

Makanan yang menyebabkan kolesterol tinggi keempat adalah telur. Telur dapat menjadi sumber protein sehat selama tidak dikonsumsi secara berlebihan setiap harinya.

Jika sudah mengonsumsi telur sebagai menu sarapan, Anda disarankan untuk menghindari konsumsi sumber kolesterol lain, seperti jeroan dan daging berlemak, sebagai menu makan siang.

5. Jeroan

Makanan yang menyebabkan kolesterol tinggi kelima adalah jeroan. Jeroan seperti usus, babat, atau otak, mengandung lebih banyak kolesterol dibandingkan bagian dagingnya.

Bagian tersebut juga mengandung banyak asam urat. Oleh karena itu, sebaiknya batasi mengonsumsi jeroan, terutama bagi Anda yang menderita kolesterol tinggi dan asam urat.

Selain itu, jangan lupa juga untuk cek kadar kolesterol dan menjalani pemeriksaan kesehatan rutin ke dokter, guna menghindari risiko penyakit lain akibat tingginya kolesterol dalam tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News