HOME, Bugar

Mudah Dilakukan, Inilah 4 Cara Menurunkan Berat Badan

Mudah Dilakukan, Inilah 4 Cara Menurunkan Berat Badan

MOMSMONEY.ID - Tidak perlu menerapkan diet yang terlalu ketat atau berlebihan, karena nyatanya cara seperti itu tidak efektif.

Ada beberapa cara mudah menurunkan berat badan yang tidak menyiksa, namun justru lebih efektif. Namun butuh komitmen agar berat badan dapat turun dan mencapai berat badan ideal.

Baca Juga: Bisa Dicoba! Inilah Pilihan Menu Sehat untuk Makan Malam

Berikut ini adalah beberapa cara mudah menurunkan berat badan yang bisa Anda terapkan menurut Mayo Clinic dan Web MD, antara lain: 

1. Jangan lupa sarapan

Cara mudah menurunkan berat badan yang pertama adalah jangan melupakan sarapan. Dengan sarapan rutin, keinginan untuk mengonsumsi makanan jadi berkurang.

Membiasakan diri sarapan juga akan membuat rasa lapar di siang hari berkurang. Efeknya, keinginan mengonsumsi makanan pada jam makan siang akan turut berkurang.

2. Lebih aktif bergerak

Cara mudah menurunkan berat badan yang kedua adalah lebih aktif bergerak. Aktif bergerak adalah kunci untuk menurunkan berat badan dan mempertahankannya.

Selain memberi dampak besar bagi kesehatan tubuh, olahraga juga membantu membakar kelebihan kalori yang tidak bisa dihilangkan melalui diet saja.

3. Konsumsi makanan yang tepat

Cara mudah menurunkan berat badan yang ketiga adalah mengonsumsi makanan yang tepat. Jika sedang menurunan berat badan, disarankan mengonsumsi makanan berprotein.

Makanan berprotein bisa membantu tubuh membakar lemak menjadi energi. Pilihannya adalah putih telur, yoghurt, daging tanpa lemak, makanan laut, kedelai, kacang-kacangan atau keju.

Baca Juga: Lakukan 5 Tips Ini Untuk Menghilangkan Perut Buncit Pada Pria

4. Minum banyak air

Cara mudah menurunkan berat badan yang keempat adalah rajin minum banyak air. Orang terkadang salah mengira rasa haus dengan rasa lapar.

Akhirnya mereka malah mengonsumsi kalori ekstra, padahal dibutuhkan adalah segelas air. Jadi, cobalah untuk memperbanyak minum air.

Selain membuat Anda merasa kenyang, minum banyak cairan juga membantu Anda tetap terhidrasi dengan baik.

5. Makan secara perlahan

Cara mudah menurunkan berat badan yang kelima adalah makan secara perlahan. Selain makan porsi kecil, makan perlahan dan santai juga dapat mendukung penurunan berat badan.

Dengan kebiasaan makan seperti ini, tubuh dapat mengirim sinyal kenyang ke otak sebelum Anda menghabiskan terlalu banyak makanan.

Itulah beberapa cara mudah menurunkan berat badan. Bila Anda mengalami masalah karena berat badan berlebih, sebaiknya temui dokter untuk mendapatkan perawatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News