HOME, Keluarga

Waspada, Penipuan via Email Mengatasnamakan BCA

Waspada, Penipuan via Email Mengatasnamakan BCA

MOMSMONEY.ID – Moms pernah dapat email mencurigakan yang mengatasnamakan BCA? Moms patut waspada ya, karena kejahatan perbankan sekarang ini tidak hanya lewat nomor telepon, akun sosial media atau website, melainkan lewat email juga, lo.

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) memantau banyak email resmi BCA yang dipalsukan oleh para pelaku kejahatan atau frauster. Tujuan mereka untuk phishing data nasabah yang akan dipergunakan untuk membobol akun rekening atau kartu kredit milik nasabah. 

Nah, agar moms tidak tertipu oleh aksi pelaku kejahatan di BCA, moms bisa simak email-email resmi BCA dan peruntukannya di bawah ini, ya!

Baca Juga: Deposito BRI dan Bank Mandiri, Senin 6 September 2021

1.halobca@bca.co.id : email ini adalah email resmi contact center Halo BCA untuk menerima keluhan dan pertanyaan dari nasabah.

2.KartuKreditBCA@klikbca.com : email resmi notifikasi transaksi kartu kredit BCA.

3.eStatement@klikbca.com antara huruf e dan Statement tidak menggunakan tanda “-“ : email ini untuk pengiriman billing statement kartu kredit BCA.

4.Fraud_Issuing@bca.co.id : email ini untuk konfirmasi transaksi kartu kredit di luar kewajaran.

Terus bagaimana cara mengenali ciri-ciri penipuan email palsu yang mengatasnamakan BCA? Lanjut baca soal ciri-ciri penipuan di bawah ini ya moms!

Baca Juga: Bunga Deposito BCA dan BNI, Senin 6 September 2021

1.Perhatikan akun email pengirim, biasanya mirip atau serupa tapi tak sama dengan email resmi di atas atau dimasking. Klik detail alamat pengirim, jika tidak sama dengan salah satu email resmi di atas, sudah pasti penipuan.

2.Email resmi tidak pernah memberikan link apapun. Sedangkan, email palsu biasanya memberikan link agar korban mengisi data pribadi.

3.BCA tidak pernah meminta nasabah untuk mengisi data-data pribadi melalui sarana apapun seperti telepon, email, social media, chat atau sebagainnya.

4.BCA mengingatkan agar jaga selalu kerahasiaan data pribadimu seperti nomor kartu, PIN, CVV, CVC, OTP dan sebagainya.

Jika moms sudah terlanjur kena penipuan, moms bisa segera kontak Halo BCA di 1500888.

Selanjutnya: Kompetisi Desa Wisata, BCA Siapkan Total Hadiah Rp 600 Juta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News