Santai

Waspada Modus Penipuan Baru Transfer dari Kartu Kredit BCA, Jaga Kerahasiaan Data Ini

Waspada Modus Penipuan Baru Transfer dari Kartu Kredit BCA, Jaga Kerahasiaan Data Ini

MOMSMONEY.ID - Moms, sebaiknya Anda waspada dengan modus penipuan terbaru dengan cara meminta nomor kartu ATM Anda. Alasannya adalah untuk melengkapi data transfer dari kartu kredit BCA. 

Modus penipuan baru transfer dari Kartu Kredit BCA ini biasanya menyasar pedagang online yang menggunakan platform Instagram. Modusnya adalah pelaku akan menanyakan soal barang yang diincar dan memilih salah satu barang. Jika sudah mendapatkan nomor rekening penjual, pelaku akan segera mengirimkan sebuah foto. 

Baca Juga: Inilah Bahaya Bawa Power Bank ke Kabin, Terbakar saat Pesawat Scoot Siap Lepas Landas

Foto ini berisi layar HP dengan laman kartu kredit BCA. Dalam foto akan tertera kolom 16 digit kartu ATM yang perlu diisi dengan nomor rekening tujuan. Jika Anda beralasan tidak memegang kartu ATM, pelaku akan meminta Anda untuk membuka layanan informasi kartu ATM di aplikasi BCA Mobile. 

Asal tahu saja, ini adalah modus penipuan terbaru yakni transfer dari kartu kredit BCA ke rekening Anda. Pasalnya, melansir situs resmi BCA saat ini belum ada layanan transfer dari kartu kredit BCA ke rekening BCA menggunakan BCA Mobile. 

Saat ini, fitur kartu kredit BCA di BCA Mobile hanya ada aktivasi kartu kredit BCA mengubah pin kartu kredit BCA, e-statement kartu kredit BCA, limit kartu kredit BCA, kontrol kartu kredit BCA, blokir kartu kredit BCA dan cek reward BCA. 

Baca Juga: Mudah! Begini Cara Transfer dari BCA Bisa Pakai Nomor HP Tujuan

Untuk menghindari modus penipuan transfer dari kartu kredit BCA ke rekening BCA, ada 5 data pribadi yang perlu Anda jaga kerahasiaannya. Jangan membagikan nomor kartu ATM, PIN transaksi, kode OTP, CVV/CVC dan kode respon KeyBCA Appli kepada orang yang tak dikenal. Sebab dengan data tersebut pelaku bisa mengambil alih rekening BCA atau kartu kredit BCA Anda dan memanfaatkannya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News