HOME, Bugar

Waspada! Inilah Penyebab Skin Barrier Bisa Rusak

Waspada! Inilah Penyebab Skin Barrier Bisa Rusak

MOMSMONEY.ID - Skin barrier rusak memiliki ciri-ciri seperti kulit kering, bersisik, kusam, gatal, kemerahan, munculnya jerawat dan lain-lain. Ada banyak sekali penyebab terjadinya skin barrier rusak, salah satunya over exfoliating.

Saat skin barrier rusak tentunya membuat seseorang merasa tidak nyaman dan bisa mengurangi kepercayaan diri. Supaya Anda bisa lebih berhati-hati, berikut beberapa penyebab terjadinya skin barrier rusak dilansir dari evamuliaclinic.com, yaitu: 

1. Over Exfoliating

Penyebab skin barrier rusak pertama karena over exfoliating. Pengelupasan kulit atau overexfoliation pada kulit merupakan salah satu hal yang dapat merusak skin barrier. Pengelupasan berlebihan yang mengikis skin barrier. Berharap bisa mengangkat sel kulit mati, lapisan pelindung luar kulit malah akan menjadi rusak. 

2. Memakai Produk Kecantikan Berbahan Keras

Penyebab skin barrier rusak selanjutnya adalah memakai produk kecantikan berbahan keras. Pentingnya untuk memperhatikan kandungan skincare yang akan dipakai. Menggunakan produk kecantikan yang mengandung bahan kuat yang menyebabkan iritasi kulit. Biasanya ditandai dengan kulit bersisik dan kering. Hal ini bisa menjadi salah satu penyebab rusaknya skin barrier.

Baca Juga: Hindari 4 Makanan Ini Supaya Rambut dan Kulit Kepala Anda Tetap Sehat

3. Paparan Sinar UV

Penyebab skin barrier rusak berikutnya yaitu paparan sinar UV. Sinar UV memberikan efek buruk pada kulit. Selain dapat mempercepat proses penuaan, sinar UV juga bisa membuat skin barrier menjadi rusak. 

Sinar matahari adalah penyebab paling menakutkan dari kerusakan kulit, termasuk potensi kerusakan pada lapisan kulit terluar, atau skin barrier. Oleh karena itu, pentingnya menggunakan sunscreen. 

4. Tidak Menjaga Kelembapan Kulit

Penyebab skin barrier rusak lainnya karena tidak menjaga kelembapan kulit. Menjaga kelembapan kulit dapat mencegah kulit dari kerusakan pelindung kulit. Ada yang mengatakan jika kulit berminyak tidak membutuhkan pelembab. Padahal, semua jenis kulit membutuhkan pelembab untuk menjaga kelembapan kulit agar tetap sehat dan terawat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News