HOME, Bugar

Hindari 4 Makanan Ini Supaya Rambut dan Kulit Kepala Anda Tetap Sehat

Hindari 4 Makanan Ini Supaya Rambut dan Kulit Kepala Anda Tetap Sehat

MOMSMONEY.ID - Tanpa disadari ternyata makanan yang Anda konsumsi setiap hari dapat berpengaruh ke kondisi tubuh, termasuk juga rambut dan kulit kepala. Supaya memiliki rambut yang sehat, kuat dan berkilau, perlunya memperhatikan asupan makanan sehari-hari.

Ada beberapa jenis makanan yang harus Anda hindari. Jenis makanan ini bisa memperburuk kondisi kesehatan rambut dan kulit kepala Anda. Melansir dari clearhaircare.com, berikut makanan yang harus Anda hindari, yaitu : 

1. Gula Olahan

Makanan yang harus dihindari untuk kesehatan rambut dan kulit kepala pertama adalah gula olahan. Seperti yang Anda tahu bahwa gula olahan memiliki banyak efek buruk untuk tubuh, termasuk rambut.

Asupan gula olahan yang tinggi dapat menyebabkan peningkatan glukosa darah yang berarti tubuh harus memproduksi insulin lebih banyak. Kemudian akan mengarah pada meningkatnya hormon yang dapat mengakibatkan menyusutnya folikel rambut dan akhirnya menyebabkan kerontokan rambut.

2. Makanan Tinggi Glikemik

Makanan yang harus dihindari untuk kesehatan rambut dan kulit kepala selanjutnya yaitu makanan tinggi glikemik. Makanan yang memiliki kadar glikemik tinggi akan mudah terurai menjadi gula. Makanan ini sangat berbahaya bagi kesehatan dan pertumbuhan rambut.

Sehingga, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, konsumsi gula berlebih akan menyebabkan peningkatan hormon yang membuat folikel rambut menyusut sehingga mudah rontok. Beberapa contoh makanan tinggi glikemik adalah pasta, roti putih bertepung, dan pancake.

Baca Juga: Inilah 4 Makanan yang Baik untuk Rambut Rontok, Konsumsi Secara Rutin!

3. Makanan Berminyak

Makanan yang harus dihindari berikutnya yaitu makanan berminyak. Pasti Anda suka mengonsumsi gorengan, fast food, santan atau pun jeroan yang dapat menyumbat pori-pori kulit kepala dan memicu kerontokan rambut. Hal ini dikarenakan makanan tersebut mengandung kadar lemak jenuh yang tinggi.

Oleh sebab itu, daripada mengonsumsi jenis makanan yang dapat merusak kesehatan rambut ini, Anda bisa beralih kepada makanan yang lebih sehat, seperti makanan untuk rambut sehat yang direbus, dipanggang, atau digoreng menggunakan air fryer.

4. Makanan Rendah Zat Besi dan Seng

Terakhir, makanan yang harus dihindari untuk rambut dan kulit kepala adalah makanan rendah zat besi dan seng. Zat besi dan seng adalah salah satu nutrisi yang memfasilitasi kesehatan rambut dan perlu dimasukkan dalam pola makan Anda.

Kedua nutrisi ini bisa membantu pembentukan keratin yang penting untuk pertumbuhan dan kesehatan rambut. Beberapa satu contoh makanan untuk rambut sehat, yang baik dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi zat besi dan seng adalah daging merah dan kacang-kacangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News