Bugar

Waspada Covid Varian Baru, Ini Fakta Varian Lambda yang Perlu Anda Ketahui

Waspada Covid Varian Baru, Ini Fakta Varian Lambda yang Perlu Anda Ketahui

MOMSMONEY.ID - Virus corona varian lambda adalah jenis mutasi yang paling baru dan telah menyebar di beberapa negara. Beberapa sumber menyebut jika virus yang telah bermutasi ini lebih kebal terhadap vaksin.

Meski begitu, kebenarannya tentang ini belum diketahui secara pasti. Virus corona varian Lambda adalah jenis baru yang pertama kali ditemukan di Peru dan sudah menyebar di benua Amerika Selatan.

Varian baru ini sangat menular bahkan jika dibandingkan dengan virus aslinya. Menurut penelitian yang dikutip dari bioRxiv yang dilakukan di Jepang, diketahui jika virus ini lebih kebal terhadap vaksin.

Baca Juga: Luar Biasa! Konsumsi Secara Rutin untuk Merasakan 5 Manfaat Yogurt Ini

Sejauh ini, virus corona varian lambda ini masih diberikan label berupa “Variant of Interest” oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dibandingkan dengan “Variant of Concern”.

Hal ini membuat banyak orang tidak menyadari jika jenis virus ini bisa menimbulkan masalah yang serius. Saat dibiarkan, ancaman berkelanjutan mungkin saja kembali terjadi.

Masalah ini juga bisa menyebar luas karena varian lambda relatif resisten terhadap vaksin yang diinduksi atau antibodi.

Jika tidak segera teratasi, virus ini kemungkinan bisa menjadi varian yang mampu untuk menyebabkan peningkatan jumlah orang yang mengidap COVID-19 dan pandemi semakin sulit untuk diatasi.

Sejauh ini, varian lambda tidak menunjukkan tanda-tanda untuk memicu kekhawatiran untuk menjadi jenis dominan dari penyebaran COVID-19 di Amerika Serikat layaknya delta dilansir dari Cleveland Clinic. 

Baca Juga: Luar Biasa! Ini Manfaat Bawang Hitam untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Sejak varian lambda pertama kali terdeteksi di Peru, belum terjadi penyebaran secara global layaknya varian delta. Namun, penyebaran yang luas di Amerika Selatan bisa menjadikan virus ini mengalami efek pendiri.

Maksud dari efek pendiri adalah virus ini lebih rentan terjadi pada area penduduk yang padat, sehingga menjadikannya varian utama di area tersebut.

Meski begitu, belum ada informasi yang jelas jika virus corona varian Lambda ini lebih berbahaya dibandingkan varian delta atau tidak.

Hal yang perlu dilakukan adalah pastikan Anda selalu mematuhi protokol kesehatan dan mengonsumsi kebutuhan vitamin harian. Tentu, jangan pernah lupsuntik vaksin COVID-19 agar dampak buruknya bisa ditekan saat terkena.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News