Santai

Waspada, Begini Cara Mencegah Social Engineering!

Waspada, Begini Cara Mencegah Social Engineering!

MOMSMONEY.ID - Social engineering dapat dikategorikan sebagai bentuk penipuan. Pelaku akan memanipulasi psikologi korban agar bisa memberikan informasi pribadi yang bersifat sensitif. Bentuk penipuan ini dapat Moms temui baik di dunia maya maupun dunia nyata. 

Moms tentu harus waspada supaya tidak terjebak dalam bentuk penipuan ini. Mengutip Minerva, berikut hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya social engineering. 

Baca Juga: Trending di FYP TikTok, Apa Itu Social Engineering?

Pahami betul informasi yang tidak boleh sembarangan Anda sebarkan

Terutama jika menyangkut informasi perusahaan yang tidak boleh disebarkan dan memiliki perjanjian antara Anda sebagai karyawan dengan perusahaan. 

Jangan langsung percaya pada pihak yang Anda tidak kenal

Jika Anda menerima email atau telepon, lakukan cross-check terlebih dahulu. Terutama jika Anda menemukan hal-hal yang mencurigakan seperti nada bicara yang tidak sesuai SOP dan waktu menelpon di luar jam operasional kantor. Anda bisa mengunjungi situs resmi pihak yang menghubungi Anda atau segera menghindari jika sudah ditanya hal-hal yang bersifat pribadi dan mencurigakan. 

Baca Juga: Hacker Bjorka Klaim Meretas Dokumen Surat Menyurat Milik Jokowi

Lakukan penguncian data ganda

Terapkan ini pada email, akun bank, dan sosial media Anda. Pastikan saat log-in, sistem akan mengirimi Anda pesan kode ganda sehingga hanya Anda yang bisa mengaksesnya.

Berhati-hati jika ada tawaran yang menggiurkan

Anda jangan langsung senang jika Anda memenangkan hadiah miliaran tiba-tiba. Pertimbangkan lagi apakah informasi tersebut betul, lakukan konfirmasi terlebih dahulu pada kontak resmi dan jangan langsung melakukan apa yang diperintahkan oleh pelaku. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News