Santai

Trending di FYP TikTok, Apa Itu Social Engineering?

Trending di FYP TikTok, Apa Itu Social Engineering?

MOMSMONEY.ID - Di media sosial TikTok baru-baru ini, pada halaman for you page (FYP) sedang trending mengenai praktek social engineering. Pada salah satu unggahan FYP TikTok social engineering adalah salah satu modus untuk mengungkapkan informasi rahasia. 

Dalam akun tersebut dijelaskan ada dua orang yang sedang asik bertukar pesan, sampai salah satu pihak menanyakan soal rahasia perusahaan. Video berhenti dengan penjelasan dari salah stau pihak yang menyadari telah terjadi social engineering. 

Mengutip imperva.com,  social engineering atau tindakan rekayasa sosial adalah aktivitas yang memanipulasi psikologi seseorang untuk mengelabui agar bisa memberikan informasi sensitif. 

Baca Juga: BRI Himbau Nasabah Waspadai Link Palsu Kenaikan Tarif Transaksi

Nah, pelaku biasanya telah memiliki informis latar belakang yang diperlukan untuk mengetahui titik lemah. Setelah itu, pelaku akan berusaha mendapatkan kepercayaan dari korban dan memberikan rangsangan untuk tindakan selanjutnya yang memberi akses pada informasi rahasia tersebut. 

Social Engineering

Tindakan social engineering ini dapat Anda temukan dalam berbagai bentuk dan situasi selama ada interaksi sosial. Seseorang yang dekat dengan Anda pun bisa melakukan hal ini. Misalkan saja Anda dan teman Anda bekerja di perusahaan yang berbeda, kalian bertemu dan berbicara santai, kemudian secara halus teman Anda menanyakan mengenai perusahaan Anda. Biasanya pertanyaan dimulai dari hal-hal biasa, ketika Anda sudah nyaman membicarakan topik tersebut secara perlahan dia akan menanyakan informasi yang bersifat rahasia. 

Baca Juga: Hacker Bjorka Sedang Trending, Ini 4 Rekomendasi Film Hacker yang Wajib Tonton!

Contoh lainnya adalah pelaku akan menyamar menjadi pihak-pihak berwenang seperti polisi, pihak bank dan lembaga keuangan lainnya. Apakah Anda pernah menemui seseorang yang memiliki pengalaman dihubungi oleh pihak yang berpura-pura menjadi  customer service bank yang memberikan informasi bahwa orang tersebut mendapatkkan hadiah  dan diminta menyebutkan nomor rekening serta nomor kartu ATM? Jika iya, ini adalah salah satu bentuk tindakan social engineering. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News