Bugar

Waspada, Ini Sederet Gejala Adanya Penyakit Celiac

Waspada, Ini Sederet Gejala Adanya Penyakit Celiac

MOMSMONEY.ID - Sederet gejala penyakit celiac harus segera Anda ketahui agar bisa mengatasinya dengan tepat dan penyakit tidak semakin parah.

Penyakit celiac sendiri adalah penyakit autoimun serius. Penyakit terjadi pada seseorang dengan kondisi genetik di mana konsumsi gluten menyebabkan kerusakan pada usus kecil.

Penyakit celiac diperkirakan memengaruhi 1 dari 100 orang di seluruh dunia, tetapi hanya sekitar 30 persen saja yang terdiagnosis.

Gejala penyakit celiac cukup bervariasi, mulai dari yang ringan sampai berat. Gejalanya pun dapat muncul kemudian hilang.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Ini Penyebab Utama Penyakit Limfoma

Jika masih dalam kondisi ringan, gejalanya tidak terasa. Namun, gejala yang umum dirasakan adalah diare. Dilansir dari Health Focus, gejala lain dari penyakit celiac, antara lain: 

1. Sakit perut

2. Mual

3. Anemia

4. Ruam lecet atau dermatitis herpetiformis

5. Hilangnya kepadatan tulang

6. Sakit kepala atau kelelahan umum

7. Tulang atau nyeri sendi

8. Ulkus mulut

9. Penurunan berat badan

10. Mulas

Baca Juga: Hati-Hati, 5 Penyakit Ini Sering Salah Diagnosis! Simak Penjelasannya di Sini!

Penyakit celiac berhubungan erat dengan gluten. Gluten merupakan protein yang bisa kita temukan pada beberapa jenis sereal, contohnya gandum (roti, pasta, hingga makanan instan).

Dalam dunia medis, kondisi ini merupakan autoimun, yaitu tubuh salah mengenali senyawa yang terkandung di dalam gluten.

Tubuh menganggap senyawa tersebut sebagai ancaman yang bisa membahayakan tubuh. Alhasil, tubuh akan membentuk antibodi sehingga menyerang jaringan tubuh yang sehat.

Sayangnya, hingga saat ini penyebab pasti dari penyakit celiac blum diketahui. Para ahli menduga kondisi ini disebabkan duo kombinasi dari proses autoimun dan kelainan genetik.

Ada pula yang menduga penyakit celiac berhubungan dengan kondisi lain, seperti prosedur pembedahan, infeksi virus, hingga kehamilan dan persalinan.

Itulah sederet gejala adanya penyakit celiac yang perlu Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News