Bugar

Hati-Hati, 5 Penyakit Ini Sering Salah Diagnosis! Simak Penjelasannya di Sini!

Hati-Hati, 5 Penyakit Ini Sering Salah Diagnosis! Simak Penjelasannya di Sini!

MOMSMONEY.ID - Ketika Anda mengalami rasa sakit yang mencurigakan, masalah pencernaan, atau gejala lain yang tidak dapat dijelaskan, tentu Anda akan segera mengunjungi dokter.

Dari situ Anda berharap dokter menemukan penyebabnya dan memberikan pengobatan yang tepat terkait gejala yang kita rasakan.

Namun, terkadang dokter juga mengalami kesulitan untuk mengenali gangguan atau kondisi medis yang terjadi pada tubuh Anda.

Bahkan, parahnya bisa menyebabkan dokter salah diagnosis penyakit, meskipun ini sangatlah jarang terjadi. Dilansir dari beberapa sumber, berikut ini beberapa penyakit yang sering salah diagnosa, antara lain: 

Baca Juga: Bukan Hanya Buahnya, Ini Manfaat Daun Mangga yang Tidak Banyak Diketahui

Serangan jantung

Serangan jantung bisa sulit untuk didiagnosa, karena banyak yang tidak menunjukkan tanda-tanda umum yang cenderung berhubungan dengan serangan jantung, seperti nyeri dada.

Gejala dapat bervariasi berdasarkan usia, sehingga orang yang lebih tua akan merasakan nyeri dada yang hebat dan membingungkan, dan sering dianggap sebagai gangguan pencernaan.

Wanita juga berisiko tinggi mengalami salah diagnosa, karena gejalanya sering dikaitkan dengan kelelahan atau malaise. 

Penyakit celiac

Penyakit celiac merupakan penyakit yang tidak dicirikan. Artinya, gejalanya bervariasi pada setiap orang, tidak hanya dalam jenis tapi juga dalam jumlah.

Mungkin ada orang yang merasa kesulitan, mencoba mencari cara untuk mengatasi gejala. Salah diagnosis yang paling umum untuk penyakit celiac adalah sindrom iritasi usus besar.

Jika Anda telah didiagnosa dengan sindrom iritasi usus besar dan tidak yakin 100 persen bahwa mengidap penyakit tersebut, sebaiknya tanyakan kepada dokter apakah ada kemungkinan penyakit lainnya.

Kanker

Kanker adalah penyakit yang sering salah diagnosa. Terlebih dunia medis memiliki beberapa jenis kanker.

Itulah sebabnya penting bagi dokter untuk memiliki riwayat medis lengkap pasien, waktu yang cukup untuk mengevaluasi pasien, dan informasi lengkap tentang gejala dan pengobatan.

Baca Juga: Jangan Samakan dengan Pikun, Ini Penyebab dan Cara Pencegahan Demensia

Depresi

Depresi merupakan kondisi yang memiliki gejala yang mirip dengan penyakit mental lainnya. Seperti, kecemasan, PTSD (post traumatic stress disorder), dan gangguan bipolar.

Sebab itulah, kondisi kesehatan mental ini bisa sangat sulit bagi dokter untuk membuat diagnosa yang tepat.

Penyakit lyme

Penyakit lyme terjadi pada manusia ketika mereka digigit kutu. Sebab, serangga tersebut dapat menularkan infeksi bakteri.

Dalam situasi seperti ini, penting untuk segera memberitahu dokter tentang lingkungan sekitar Anda. Karena, itu cenderung menjadi faktor kritis, terkadang menjadi penyebab penyakit. 

Itulah yang perlu diketahui tentang penyakit yang sering mengalami salah diagnosa. Jika Anda mengalami penyakit tertentu tapi tidak kunjung sembuh meski telah diobati, jangan ragu untuk meminta tes menyeluruh pada dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News