Bugar

Bukan Hanya Buahnya, Ini Manfaat Daun Mangga yang Tidak Banyak Diketahui

Bukan Hanya Buahnya, Ini Manfaat Daun Mangga yang Tidak Banyak Diketahui

MOMSMONEY.ID - Manfaat daun mangga jarang diketahui. Sejauh ini manfaatnya menyasar pada buah-buahannya saja tapi juga daunnya.

Padahal, daun mangga juga punya manfaat yang menjanjikan. Daun mangga mengandung berbagai zat yang diketahui memiliki sifat antioksidan, antiradang, dan antibakteri.

Tak hanya itu, ekstrak daun mangga juga disebut dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan menurunkan kadar gula darah.

Baca Juga: Sariawan Tak Kunjung Sembuh? Coba Konsumsi 5 Buah ini untuk Mengobati Sariawan

Selain itu, seperti dilansir dari Web MD, berikut ini adalah berbagai manfaat daun mangga untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

Menurunkan tekanan darah

Daun mangga mampu menurunkan tekanan darah berkat kandungan antihipertensi dan mampu menguatkan dinding pembuluh darah dan mengobati varises. Semua manfaat ini berasal dari kinerja antioksidan.

Mengurangi kolesterol dalam darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun mangga dapat mengurangi kolesterol dan mencegah penumpukan kolesterol di pembuluh darah.

Efek ini menjadikan daun mangga berpotensi untuk digunakan sebagai obat herba guna menurunkan kolesterol.

Mengurangi kecemasan

Manfaat daun mangga lainnya bisa mengurangi kecemasan. Jenis daun-daunan ini dipercaya punya kandungan mangiferin yang dapat mengurangi keresahan atau anxiety.

Cukup minum seduhan daun ini dan dibantu dengan mandi air hangat untuk mendapatkan efeknya. Saat ramuan ini mulai bekerja, Anda akan merasa lebih tenang dan rileks.

Baca Juga: Waspadai Serangan Panik! Anda Harus Mengenali Gejala dan Penyebabnya

Menyehatkan kulit

Antioksidan yang terkandung dalam daun ini rupanya juga menyehatkan kulit. Hal ini berkat kandungan kolagennya yang bersifat elastis.

Ketika kadar kolagen terpenuhi, garis halus pada wajah dan bintik wajah bisa tersamarkan. Selain itu, mereka bisa dimanfaatkan untuk mengobati luka bakar ruam pada kulit dan psoriasis.

Memperkuat daya tahan tubuh

Kandungan antioksidan pada daun mangga diketahui baik untuk meningkatkan sistem imun, sehingga tubuh akan lebih kuat melawan kuman dan virus penyebab infeksi. Dengan demikian, Anda pun tidak mudah jatuh sakit.

Oleh karena itu, bila ingin menggunakan daun mangga sebagai pengobatan penyakit tertentu atau memiliki pertanyaan seputar manfaat daun mangga bagi kesehatan, Anda bisa berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui jawabannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News