HOME, Bugar

Wajib Terpenuhi! Inilah Nutrisi Penting untuk Anak yang Ikut Berpuasa

Wajib Terpenuhi! Inilah Nutrisi Penting untuk Anak yang Ikut Berpuasa

MOMSMONEY.ID - Anak-anak sudah mulai boleh berpuasa sejak menginjak usia 7 tahun. Namun, kegiatan berpuasanya harus didukung dengan asupan nutrisi yang memadai.

Tidak ada salahnya membiasakan anak mulai berpuasa, supaya nantinya ia tidak kaget ketika harus melakukannya secara rutin.

Namun, orang tua juga tidak boleh lupa, anak masih berada pada masa krusial, ketika dirinya masih terus mengalami pertumbuhan dan perkembangan.

Artinya, diet dan nutrisi anak harus dipenuhi meski ia sedang berpuasa, agar pertumbuhan serta perkembangan tubuhnya tetap terjaga. Pastikan menu puasa anak memiliki nutrisi.

Baca Juga: 4 Cara Ampuh Mencegah Kolesterol Tinggi Saat Bulan Puasa

Dilansir Kids Health, berikut beberapa nutrisi penting untuk anak yang ikut berpuasa, antara lain:

1. Karbohidrat

Nutrisi penting untuk anak yang ikut berpuasa pertama adalah karbohidrat. Karbohidrat sering kali dihindari karena dianggap sebagai penyebab kenaikan berat badan.

Padahal, karbohidrat berfungsi sebagai pemasok energi, agar tubuh tidak mudah merasa lelah, terutama saat berpuasa.

Oleh sebab itu, karbohidrat perlu ada dalam setiap menu santap sahur dan berbuka anak agar selama berpuasa tubuh tetap fit.

2. Lemak

Nutrisi penting untuk anak yang ikut berpuasa kedua adalah lemak. Nutrisi lainnya yang juga perlu diperoleh anak selama berpuasa adalah lemak.

Lemak pun bermanfaat untuk menyediakan energi bagi tubuh, sehingga anak tetap bisa menjalankan aktivitas sehari-harinya dan tidak mudah merasa lemas, meski sedang berpuasa.

Lemak dapat membantu tubuh anak menyerap vitamin A, D, E, dan K, dengan lebih baik. Beberapa sumber lemak sehat yaitu ikan tuna, ikan salmon, alpukat, dan kacang-kacangan.

3. Kalsium

Nutrisi penting untuk anak yang ikut berpuasa ketiga adalah kalsium. Anak-anak masih mengalami pertumbuhan tulang yang signifikan, sehingga kalsium sangat dibutuhkan.

Kalsium juga dibutuhkan untuk kesehatan gigi anak, membantu peredaran darah dan mengaktifkan enzim yang membantu penyerapan nutrisi dari makanan dan minuman yang ia konsumsi.

Orang tua bisa menyiapkan makanan yang tinggi kalsium seperti roti gandum, sereal, susu, yoghurt, keju dan brokoli untuk anak yang ikut berpuasa.

Baca Juga: Anda Harus Tahu! Ini Dia Jenis Karbohidrat Terbaik untuk Sahur dan Buka Puasa

4. Serat dan vitamin

Nutrisi penting untuk anak yang ikut berpuasa keempat adalah serat dan vitamin. Selama berpuasa, sebaiknya orang tua juga selalu menyiapkan makanan berserat tinggi untuk anak.

Makanan berserat tinggi lebih mengenyangkan. Hal tersebut berguna untuk menghindari risiko anak makan secara berlebihan saat sahur dan berbuka.

Memenuhi kebutuhan serat juga bermanfaat untuk mencegah anak mengalami sembelit yang rentan terjadi saat berpuasa.

Penting juga untuk mencukupi kebutuhan vitamin anak, seperti vitamin A, C, dan D. Vitamin berperan dalam menjaga sistem kekebalan tubuh dan proses pembentukan serta regenerasi sel.

Selain empat nutrisi di atas, pastikan kebutuhan cairan harian anak juga selalu terpenuhi, agar ia terhindar dari risiko dehidrasi ketika sedang berpuasa.

Jika orang tua masih memiliki pertanyaan mengenai nutrisi apa lagi yang baik untuk dikonsumsi anak selama berpuasa, jangan ragu untuk berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News