HOME, Bugar

Anda Harus Tahu! Ini Dia Jenis Karbohidrat Terbaik untuk Sahur dan Buka Puasa

Anda Harus Tahu! Ini Dia Jenis Karbohidrat Terbaik untuk Sahur dan Buka Puasa

MOMSMONEY.ID - Saat sahur, jenis karbohidrat kompleks lebih baik karena bisa membuat kenyang lebih lama. Sementara saat buka puasa, pilihlah karbohidrat sederhana. 

Makanan yang Anda konsumsi saat sahur memiliki pengaruh yang sangat penting terhadap kelancaran ibadah puasa yang akan Anda jalani. 

Oleh karena itu, menu sahur Anda haruslah berupa makanan yang kaya serat. Jenis karbohidrat yang direkomendasikan untuk dikonsumsi saat sahur adalah karbohidrat kompleks. 

Beberapa menu yang tergolong karbohidrat kompleks yang bisa Anda pilih di antaranya adalah nasi hitam, nasi coklat, roti gandum, atau oatmeal.  

Baca Juga: Konsumsi Saat Buka Puasa! Inilah Manfaat Buah Sawo untuk Kesehatan Tubuh

Untuk memenuhi asupan serat pada tubuh, Anda bisa mengonsumsi sayur dan buah. Kedua jenis makanan tersebut juga kaya vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan tubuh. 

Dilansir dari Mayo Clinic, inilah beberapa jenis karbohidrat terbaik untuk sahur dan buka puasa yang perlu Anda ketahui. 

PILIHAN MAKANAN UNTUK BERBUKA PUASA

Jika saat sahur perlu karbohidrat kompleks, saat buka puasa, jenis karbohidrat sederhana adalah yang terbaik. Sebab, ini dapat memulihkan energi dengan cepat. 

Namun, bukan berarti Anda bisa kalap mengonsumsi karbohidrat sederhana saja. Penting juga untuk memastikan ada keseimbangan asupan nutrisi dari variasi makanan sehat lainnya. 

Berikut ini beberapa pilihan makanan sehat untuk buka puasa: 

1. Kurma 

Buah ini adalah sumber gula alami yang bagus untuk mengisi kembali tingkat energi dan mengandung banyak mineral seperti potasium, mangan, dan tembaga.  

2. Daging 

Sebagai sumber protein dan mineral penting, daging juga merupakan makanan yang baik dikonsumsi. Namun, bukan langsung saat berbuka puasa, ya. 

Melainkan setelah makan buah, sayur, dan makanan yang lebih ringan. Meski baik dikonsumsi, hindari makan daging berlebihan, ya. 

3. Sayuran 

Sayuran adalah bagian penting dari semua makanan berbuka puasa. Karena mengandung banyak nutrisi penting, seperti mineral, serat, gula alami, dan vitamin. 

Sayuran seperti brokoli, seledri, wortel, kacang polong, dan kembang kol semuanya bagus untuk makanan berbuka puasa. 

Baca Juga: Rekomendasi 3 Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan di Bulan Puasa

PILIHAN MAKANAN UNTUK SAHUR

Selain memperhatikan jenis karbohidrat yang tepat, Anda juga perlu memilih variasi makanan sehat lainnya. Untuk sahur, beberapa pilihan makanan sehat yang bisa dikonsumsi adalah: 

1. Telur 

Telur adalah salah satu pilihan protein terbaik karena ringan, mudah diolah, serta kaya nutrisi. Termasuk vitamin B dan D, serta mineral seperti zat besi, dan seng. 

2. Sup 

Ini adalah makanan yang ringan dan nyaman untuk dicerna perut dan menyediakan cukup cairan untuk menghidrasi tubuh sebelum menjalani puasa.  

3. Buah 

Buah-buahan seperti pisang, stroberi, beri, anggur, dan apel dapat membantu Anda merasa kenyang, serta memberi dorongan energi dari gula alaminya, dan memberi tubuh nutrisi penting yang dibutuhkan sepanjang hari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News