Keluarga

Wajib Tahu, Ini 6 Tips Makeup untuk Menyamarkan Jerawat atau Bekas Jerawat

Wajib Tahu, Ini 6 Tips Makeup untuk Menyamarkan Jerawat atau Bekas Jerawat

MOMSMONEY.ID - Terkadang, kehadiran jerawat berhasil menurunkan suasana hati pemiliknya dengan mudah. Tak jarang, orang menjadi tidak percaya diri karena wajahnya dihinggapi jerawat atau bekasnya.

Padahal, jerawat beserta bekasnya dapat disembunyikan dalam sekejap dengan bantuan makeup.

Nah, supaya Moms tetap dapat berlenggang penuh percaya diri meski wajah sedang berjerawat atau dipenuhi bekas jerawat, ada 6 tips makeup yang bisa dijajal untuk menutupi permasalahan tersebut. Melansir BeBeautiful, inilah dia 6 tips makeup untuk menyamarkan jerawat atau bekas jerawat.

Baca Juga: Ketahui 4 Manfaat Masker Kunyit untuk Perawatan Wajah

1. Hidrasi kulit

Moisturizer

Sebelum memulai prosesi makeup, melakukan skin preparation sangat dianjurkan untuk Moms lakukan. Pastikan kulit Moms dalam kondisi lembab sebelum diaplikasikan produk makeup.

Nah, untuk menghidrasi kulit Moms yang berjerawat dan cenderung berminyak, Moms bisa menggunakan moisturizer yang memiliki formula bebas minyak. Selain menghidrasi, moisturizer juga berperan untuk mencegah produksi sebum berlebih.

2. Gunakan primer

Primer

Mungkin banyak orang yang belum menaruh perhatian besar terhadap primer. Padahal, primer sangatlah berguna untuk menunjang kesempurnaan hasil makeup nantinya.

Primer aman digunakan oleh semua kondisi kulit termasuk kulit yang berjerawat. Penggunaan primer tidak hanya akan menciptakan lapisan pemisah antara kulit dengan makeup, melainkan juga dapat meminimalkan tampilan pori-pori sekaligus mengontrol kadar minyak wajah.

Moms dapat mengoleskan primer yang tidak lengket dan tidak meninggalkan white cast pada bagian dahi, pipi, hidung, dan dagu.

3. Tambahkan color corrector

Color corrector

Setelah persiapan wajah beres, Moms dapat melanjutkan langkah berikutnya dengan menggunakan color corrector. Meski color corrector belum sepopuler itu untuk digunakan sehari-hari, namun produk makeup yang satu ini dapat secara ajaib menyembunyikan bekas jerawat dengan sempurna.

Dikarenakan bekas jerawat cenderung berwarna cokelat gelap akibat hiperpigmentasi, pastikan Moms menggunakan color corrector berwarna oren untuk menyamarkannya dengan baik. Apabila Moms tidak memiliki color corrector berwarna oren, Moms dapat menggantinya dengan menggunakan lipstick oren.

Untuk mengaplikasikannya, gunakanlah kuas makeup berukuran kecil dan ambil produk secukupnya. Kemudian, tap tap color corrector atau lipstick oren hanya pada area bekas jerawat hingga warna aslinya tersamarkan.

4. Lanjutkan dengan concealer

Concealer

Supaya bekas jerawat tertutup lebih maksimal, tumpuk area bekas jerawat yang sudah dipakaikan color corrector dengan menggunakan concealer. Selalu ingat untuk memilih warna concealer yang sama dengan warna kulit asli Moms supaya complexion wajah terlihat menyatu.

Oleskan concealer favorit Moms ke area bekas jerawat dengan jari, lalu ratakan. Pastikan Moms mengaplikasikan concealer dengan cara ditepuk-tepuk ringan alih-alih digosok-gosok. Jika Moms memiliki jerawat yang masih aktif dan ingin menutupnya dengan concealer, Moms dapat menggunakan lebih banyak concealer dan aplikasikan dengan makeup tools untuk menjaganya tetap higienis.

5. Pilih foundation matte

Foundation

Bagi para pemilik kulit berminyak dan berjerawat, maka foundation dengan hasil akhir matte sangat pas untuk dipilih. Namun, pastikan foundation matte yang dipilih memiliki tekstur yang tidak berat sehingga tetap nyaman untuk digunakan.

Ambilah produk foundation secukupnya dan totol-totolkan ke seluruh bagian wajah dan leher. Selanjutnya, ratakan foundation menggunakan spons basah untuk hasil akhir yang natural atau brush untuk hasil akhir yang lebih full coverage. Sama seperti concealer, baiknya Moms tidak meratakan foundation dengan cara digosok melainkan di tap tap saja.

6. Kunci dengan bedak

Bedak

Sebagai langkah terakhir, Moms dapat menutup prosesi makeup dengan mengaplikasikan bedak. Penggunaan bedak berguna untuk mengunci makeup di bawahnya supaya tidak memudar atau transfer. Adapun bedak yang bisa Moms gunakan bisa berbentuk loose powder maupun compact powder.

Untuk menciptakan penampilan akhir yang terkesan alami, Moms dapat membaurkan bedak menggunakan brush. Sebaliknya, untuk tampilan yang lebih tebal Moms dapat menggunakan spons basah untuk meratakan bedak ke seluruh wajah. Jangan lupa untuk menekan-nekan produk bedak pada wajah guna mencegah makeup bergeser atau pecah-pecah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News