Bugar

Ketahui 4 Manfaat Masker Kunyit untuk Perawatan Wajah

Ketahui 4 Manfaat Masker Kunyit untuk Perawatan Wajah

MOMSMONEY.ID - Kunyit merupakan rempah Indonesia yang telah lama dimanfaatkan sebagai obat-obatan atau perawatan kulit. Salah satunya masker kunyit yang sering digunakan untuk merawat kesehatan wajah.

Jika Anda menggunakan masker kunyit secara rutin, maka akan banyak manfaat yang bisa dirasakan. Apa saja manfaat masker kunyi untuk wajah? Simak penjelasan di bawah ini dikutip dari realfood.co.id, yaitu: 

1. Mengatasi Jerawat

Manfaat pertama masker kunyit untuk wajah yaitu mampu mengatasi masalah jerawat. Kebanyakan jerawat disebabkan oleh faktor hormonal atau minyak berlebih yang menumpuk pada pori-pori. Menurut penelitian bahwa kunyit cukup efektif dalam melawan bakteri penyebab jerawat.

Anda bisa mencampurkan kunyit dengan bahan lain seperti madu, cuka apel, atau yogurt sebagai bahan masker alami. Sehingga, masalah jerawat bisa diatasi. 

2. Mencerahkan Kulit

Manfaat masker kunyit selanjutnya adalah mencerahkan kulit. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan di dalam kunyit yang mampu membuat kulit tampak cerah. Antioksidan berperan untuk melawan radikal bebas yang membuat kulit tampak kusam. Selain itu, kunyit juga memiliki senyawa anti-inflamasi yang bekerja dalam menyembuhkan dan membuat kulit sehat secara alami. 

Baca Juga: Ini Loh Cara Lakukan Diet Detox dengan Benar!

3. Mengatasi Kerusakan Kulit Akibat Sinar Matahari

Selain mencerahkan kulit, antioksidan juga mampu mencegah radikal bebas yang dapat merusak kulit akibat polusi dan sinar matahari berlebih. Menurut penelitian, senyawa antioksidan dalam kunyit secara signifikan membantu mengurangi kerusakan akibat sinar matahari.

Kunyit akan berperan dalam memblokir enzim elastase, yang menyerang kemampuan kulit untuk memproduksi elastin, zat yang membentuk struktur kulit kita.

4. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat masker kunyit untuk wajah lainnya yaitu dapat mencegah penuaan dini. Antioksidan dalam kunyit dapat membantu mencegah penuaan dini. Selain itu, masker kunyit dapat membantu menjaga tekstur kulit agar tetap lembap dan elastis. Kunyit dapat diolah menjadi masker atau mengonsumsinya dalam bentuk minuman. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News