HOME, Bugar

Wajib Tahu! 8 Bahan Aktif dan Manfaatnya di Produk Skincare

Wajib Tahu! 8 Bahan Aktif dan Manfaatnya di Produk Skincare

MOMSMONEY.ID - Sebelum membeli produk skincare ada baiknya Anda memahami bahan aktif dan manfaatnya terhadap kulit. Mengetahui bahan aktif dan manfaatnya di dalam produk skincare itu sangat penting. Supaya anda bisa mendapatkan hasil yang diharapkan dan masalah kulit dapat diatasi.

Memang cukup sulit memahami bahan aktif yang terkandung di dalam produk skincare karena butuh ilmu khusus untuk mengetahuinya. Oleh karena itu, berikut beberapa rangkuman kandungan dan manfaat bahan aktif di dalam produk skincare yang sering digunakan, dilansir dari herworld.co.id :

1. Niacinamide

Manfaat: Melindungi kulit dari efek sinar UV

Niacinamide adalah salah satu bahan aktif produk skincare yang sedang naik daun saat ini. Niacinamide memiliki manfaat sebagai pelindung kulit dari sengatan matahari, iritasi dan penuaan. Bahan aktif ini bekerja dengan cara merangsang mikro sirkulasi dan mencegah berkurangnya kandungan air pada kulit.

Bahan aktif ini juga memicu produksi ceramide yang berfungsi merekatkan sel dan mencegah kulit kering. Selain itu, Niacinamide juga cocok bagi Anda yang memiliki masalah kulit berjerawat.

2. Salicylic Acid

Manfaat: Mengatasi masalah jerawat dan iritasi kulit

Jenis Acid selalu dijadikan sebagai bahan aktif utama pada produk skincare, salah satunya Salicylic Acid. Salicylic Acid mengandung senyawa BHA atau Beta Hydroxy Acid. Bahan aktif ini dikenal mampu mengobati jerawat ringan hingga sedang seperti comedonal atau jerawat tanpa radang. Salicylic Acid juga bekerja mencegah timbulnya jerawat kembali, serta mencegah penyumbatan pori-pori dan membersihkan komedo. 

3. Arbutin

Manfaat: Menyamarkan noda hitam

Bahan aktif selanjutnya yaitu Arbutin. Bedasarkan penelitian, cara kerja Arbutin yaitu menghalangi pertumbuhan tyrosin sehingga mencegah pembentukkan melanin yang menyebabkan bintik hitam pada wajah. Bagi anda pemiliki kulit kering, Arbutin sangat dianjurkan untuk anda coba. Bahan aktif ini juga dapat menstimulasi produksi kolagen sehingga menghambat proses penuaan dini dan meningkatkan kehalusan kulit.

4. Retinol

Manfaat: Melawan penuaan dini

Cara kerja Retinol yaitu mampu meresap ke dalam kulit untuk memperbaiki sel-sel kulit dan menyamarkan kerutan serta garis-garis halus. Bahan aktif ini kaya akan Vitamin A  yang dapat memberi kelembapan dan merangsang pertumbuhan kolagen pada kulit Anda, hasilnya pun dapat menjadikan kulit wajah tampak cerah dan menyamarkan noda hitam di kulit wajah.

Baca Juga: 6 Penyebab Bruntusan di Jidat yang Harus Anda Tahu

5. Vitamin C

Manfaat: Mencerahkan kulit wajah

Vitamin C sudah tidak asing lagi bagi perawatan kulit wajah. Vitamin C dan berbagai bentuk serta turunannya seperti Ascorbic Acid dipercaya efektif untuk mencerahkan kulit sekaligus sebagai antioksidan yang efektif.

Kandungan Vitamin C juga membantu meminimalkan tampilan garis-garis halus, bekas luka, dan keriput. Bahan aktif ini merupakan satu-satunya antioksidan yang terbukti meningkatkan produksi kolagen yang merupakan bagian penting dari struktur kulit.

6. Idebenone

Manfaat: Menangkal radikal bebas

Bahan aktif selanjutnya yaitu Idebenone. Idebenone adalah salah satu bahan dengan antioksidan tertinggi yang banyak terdapat pada bahan-bahan kosmetik dan cocok digunakan untuk segala jenis kulit.

Bahan aktif ini dapat menembus ke dalam lapisan kulit dan menawarkan lebih banyak perlindungan dari oksidasi yang disebabkan oleh radikal bebas. Idebenone juga dapat melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat sinar UVB.

7. Resveratol

Manfaat: Perlindungan kulit

Studi menjelaskan bahwa Resveratrol memberikan manfaat besar ketika diaplikasikan ke kulit. Kandungan Resveratol yang digunakan sebelum terkena paparan sinar matahari akan membantu mengurangi produksi radikal bebas dan sinar UV yang membawa dampak buruk pada wajah. Bahan aktif ini juga membantu menghambat perkembangan dan pertumbuhan kanker kulit.

8. Ceramide

Manfaat: Perawatan kulit sensitif

Bagi anda yang memiliki kulit sensitif bahan aktif ceramide sangat cocok digunakan. Ceramide adalah salah satu bahan minyak yang terdapat di dalam kulit yang mengangkat sel-sel pelindung pada lapisan luar kulit. Jika ceramide berkurang di dalam kulit, maka berpotensi membuat kulit menjadi sensitif, kering, kusam dan kasar.

Kandungan ceremide yang terdapat dalam skincare akan bekerja menembus ke dalam lapisan kulit, membantu memulihkan, melembapkan kulit, dan mengatasi kekeringan, kulit kasar, garis-garis halus, kulit terkelupas, dan kulit sensitif.

Itulah 8 kandungan dan manfaat bahan aktif di dalam produk skincare yang anda harus paham. Ada cara mudah untuk menentukan komposisi produk skincare yaitu dengan memperhatikan lima bahan pertama yang tertulis di komposisi. Sebab, biasanya bahan tersebut menyumbang 80% pembuatan skincare tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News