HOME, Bugar

6 Penyebab Bruntusan di Jidat yang Harus Anda Tahu

6 Penyebab Bruntusan di Jidat yang Harus Anda Tahu

MOMSMONEY.ID - Bruntusan di jidat bisa dialami oleh siapa saja yang cukup menggangu penampilan. Bruntusan di jidat disebabkan oleh berbagai faktor seperti hormon, keringat sampai pemakaian menutup kepala yang dipakai.

Agar bisa memahami dan lebih berhati-hati dengan masalah kulit yang satu ini, simak penjelasan tentang penyebab bruntusan di jidat dilansir dari laman loreal-paris.co.id, yaitu: 

1. Hormon

Penyebab bruntusan di jidat pertama adalah hormon. Pada usia berapapun, hormon tetap bisa memunculkan masalah kulit. Beberapa pil KB bisa memicu munculnya bruntusan di jidat, tetapi fluktuasi hormon yang terjadi secara alami juga bisa memicu hal ini. Jika ini terjadi, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mencari tahu secara pasti penyebabnya dan bisa dapatkan penanganan yang tepat.

2. Keringat

Selain itu, keringat juga menjadi penyebab di jidat. Walaupun berkeringat  itu sehat karena dapat mendetoksifikasi racun serta melindungi kulit dari bakteri. Tetapi membiarkan keringat terlalu lama di kulit wajah dapat memicu bruntusan di jidat karena kotoran jadi mudah menempel. Jaga kebersihan kulit wajah untuk mencegah munculnya bruntusan.

3. Penggunaan Produk Perawatan Rambut

Penyebab bruntusan di jidat selanjutnya yaitu penggunaan produk perawatan rambut. Pentingnya memahami kandungan produk perawatan rambut dengan tepat agar terhindar dari bruntusan di jidat.

Selain itu, pastikan Anda keramas sebelum tidur setelah menggunakan produk perawatan rambut tadi agar tidak terpapar ke rambut. Jika rambut panjang, Anda mengepang longgar rambut agar tidak mengenai wajah. 

Baca Juga: 5 Manfaat Baobab Oil untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

4. Terlalu Lama di Bawah Matahari

Jika Anda beraktivitas terlalu lama di bawah matahari, maka perlu waspada dengan bruntusan di jidat. Paparan sinar matahari terlalu lama bisa memicu produksi minyak berlebih dan menyebabkan peradangan.

Jadi, pastikan Anda menggunakan sunscreen dan pilih yang sesuai dengan jenis kulit. Cermatlah memilih sunscreen sebagai salah satu skincare untuk menghilangkan bruntusan di jidat agar tidak malah membuat kulit semakin bruntusan. 

5. Konsumsi Terlalu Banyak Gula

Penyebab bruntusan di jidat berikutnya adalah konsumsi terlalu banyak gula. Hal ini dikarenakan gula menghilangkan antioksidan yang terdapat di kulit wajah. Jadi, ubah pola makan Anda jadi lebih sehat dengan mengurangi konsumsi gula sesuai jumlah yang direkomendasikan. 

6. Pemakaian Kain dan Aksesoris

Penyebab bruntusan di jidat lainnya yaitu pemekaian kain dan aksesoris. Kain yang menyentuh jidat, seperti jilbab, bandana, dan topi dapat memicu bruntusan ketika bersentuhan dengan kulit jidat, karena bisa meninggalkan bakteri atau menyebabkan iritasi karena gesekan. Hal ini juga berlaku untuk handuk, saputangan, dan kain pelapis helm. Oleh sebab itu, selalu jaga kondisi benda-benda ini agar selalu bersih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News